Harga Sebuah Ketaatan

Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat disana sebuah kapal …… jauh dari hadapan TUHAN.  Yunus 1:3.

Dalam kisah Yunus, hal pertama yang dapat dipelajari adalah bahwa tidak semua perintah Tuhan itu menyenangkan, tetapi setiap perintah Tuhan pasti mempunyai tujuan yang baik. Perintah Tuhan untuk mengampuni orang lain misalnya, tidak selalu menyenangkan, tetapi pasti untuk kebaikan.

Kedua, tidak mau menaati perintah Tuhan sama dengan menjauhkan diri dari Tuhan.  Orang yang tidak mau menaati firman Tuhan akan semakin jauh dari Tuhan.

Ketiga, menjauhkan diri dari Tuhan akan merugikan diri sendiri dan orang lain.  Seorang aya yang hidupnya tidak dalam kehendak Tuhan, tidak hanya menghancurkan dirinya, tetapi juga keluarganya.  Seorang gembala yang tidak hidup dalam kehendak Tuhan akan menghancurkan jemaat yang digembalakannya.  Ketidaktaatan berakibat negatif.  Namun ingat pertobatan dan ketaaatan Yunus membuat satu bangsa bertobat. (BMW)

You may also like...