Kebijaksanaan

Maka segera sesudah HIram mendengar pesan dari Salomo itu, ia sangat bersuka cita serta berkata: “Terpujilah Tuhan pada hari ini, karena Ia telah memberikan kepada Daud, seorang anak yang bijaksana untuk mengepalai bangsa yang besar ini.” 1 Raja-raja 5:7.

Kepandaian dan kebijaksanaan adalah hal yang berbeda. Tidak semua orang pandai adalah orang yang bijaksana. Kepandaian lebih berkaitan dengan kemampuan untuk menyerap pengetahuan. Sementara kebijaksanaan adalah kemampuan untuk menerapkan pengetahuan secara tepat.

Pengetahuan yang diterapkan pada saat fan cara yang tidak tepat bukannya mendatangkan kebaikan justru sebaliknya meniumbulkan persoalan baru. Sebagai contoh, seorang istri menasihati suaminya secara panjang lebar saat suami baru pulang dari tempat kerja dalam keadaan lelah. Nasihat yang baik ini justru akan menimbulkan kejengkelan dalam hati suami.

Kepemimpinan tidak hanya memerlukan kepandaian, tetapi juga kebijaksanaan. Kebijaksanaan atau hikmat yang berasal dari Allah seperti yang dimiliki oleh Salomo telah memampukannya untuk memimpin bangsa Israel ke dalam berkat Allah. (BHW)

You may also like...