Tetap Tegar di Masa Sukar

Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.  Daniel 6:4.

Acap kali saya berkata, “Kita tidak dapat memilih siapa orang tua kita, di mana kita akan dilahirkan, dan apa jenis kelamin kita.”  Semua itu ditentukan oleh pilihan kita.  Orang beranggapan bahwa hal itu ditentukan oleh nasib.  Bagi saya yang terpenting adalah “Apakah masa depan kita ditentukan oleh nasib?”

Daniel sebenarnya adalah orang yang patut menyesali nasibnya.  Ia dilahirkan sebagai bangsa Yehuda yang saat itu di jajah oleh bangsa Babel.  Karena itu, ia beserta bangsanya harus hidup sebagai orang buangan dan kelompok minoritas di tengah bangsa Babel yang menyembah berhala.

Namun, karena ia memiliki roh yang luar biasa, yaitu semangat untuk tidak menyerah kepada nasib, ia tidak mengizinkan nasib membelenggu masa depannya.  Hasilnya, ia bukan saja menjadi salah seorang pejabat tinggi, melainkan juga di tempatkan sebagai orang nomor dua dalam kerajaan Babilonia yang mahaluas.  (BHW)

 

You may also like...