Roh, Jiwa dan Tubuh

Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.  1 Tesalonika 5:23

Kita diciptakan dengan tiga aspek yaitu roh, jiwa dan tubuh. Tuhan menghendaki ketiganya ada dalam pemeliharaan yang baik. Kata ”…tak bercacat…”  dalam pengertian hubungan dengan Tuhan. Seluruh hidup kita, kita arahkan terus-menerus kepada Tuhan. Bukan untuk kepentingan kita sendiri atau kita gunakan untuk kesenangan yang duniawi.

Aspek Roh, setiap manusia adalah mahkluk rohani yang selalu mendambakan pribadi yang lebih tinggi. Aspek  ini yang paling penting, melalui aspek ini manusia dapat bersekutu dengan Tuhan . Pembaruan melalui injil dimulai dari aspek roh kita, hidup kita yang paling dalam.

Aspek jiwa, adalah  tempat aspek rohani kita mengekepresikan diri. Hasilnya sukacita yang sesungguhnya, bukan sekedar gembira. Kegembiraan terjadi karena sesuatu yang ditimbulkan keadaan dari luar. Misalnya, dapat uang, jabatan naik daan lain sebagainya. Sukacita akan mengalir dalam jiwa kita jika roh kita terus dipenuhi damai dari Tuhan.  Akibatnya kita akan hidup dalam sikap optimis.

Tubuh, di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh  yang sehat. Dengan jiwa yang sehat kita kan memiliki semangat  juang yang tinggi.  Sehingga kita mampu bekerja dengan maksimal. Catatan penting, roh dan jiwa tidak bisa capek. Tubuh kita bisa capek, selain bekerja dan olah raga, kita harus memperhatikan waktu istirahat kita. Selamat hidup sehat. (YP)

You may also like...