Fight by Faith (Berjuang dengan Iman)

Tema September        : FIGHT TO THE END (BERJUANG SAMPAI AKHIR)

Judul                         : FIGHT BY FAITH (BERJUANG DENGAN IMAN)

Ayat-ayat                  : 1 Timotius 6:11-12 ; Roma 8:37 ; Roma 10:17 ; Yohanes 6:63

 

Hidup ini penuh dengan perjuangan yang terus berkesinambungan, tantangan demi tantangan datang silih berganti. Dan memang pada kenyataannya, senantiasa ada perjuangan yang terus menerus dalam segi-segi kehidupan kita. Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk berjuang sampai akhir. Tantangan-tantangan yang ada di dalam kehidupan ini, semua diijinkan terjadi agar hidup kita tetap bergantung kepada Tuhan. Untuk menggenapi rancangan Allah yang sempurna bagi diri kita masing-masing dibutuhkan penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah dan hidup dalam kebenaran Firman Tuhan, yaitu dengan melakukan dan menerapkannya dalam hidup kita.

Diibaratkan seperti seorang atlit yang tidak hanya menguasai keahlian bidang olah raganya saja tetapi juga menguasai dan menerapkan semua disiplin aturan-aturan dalam setiap peraturan permainan yang dilakukannya (1 Timotius 6:11-12).

 

Ada dua hal yang harus kita lakukan untuk berjuang dengan iman dalam kehidupan :

 

  1. Selalu hidup dalam penyertaan Tuhan Yesus (Roma 8:37).

Penyertaan Tuhan Yesus di dalam setiap aspek kehidupan kita akan membuat beban hidup terasa ringan dan ada rasa damai. Oleh karena itu sesulit apapun hari-hari kita, yakinlah bahwa Tuhan telah menyiapkan sesuatu yang pantas dan baik untuk kita; tetap berusaha dan bersabarlah. Dalam perjalanan hidup bersama Tuhan, kita harus memberi kesempatan kepada-Nya untuk mengubah segala sesuatu untuk kebaikan kita. Semuanya ini bisa terjadi apabila kita hidup dengan iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita bersama Tuhan Yesus selanjutnya juga akan menjadi saksi bagi dunia di sekitar kita (1 Timotius 6:12).

 

  1. Kita harus mengejar buah Roh dan hidup dalam Roh.

Sejak menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, hidup kita berubah. Untuk bisa mengalami perubahan kehidupan yang penuh dengan perjuangan ini kita memerlukan pimpinan Roh Kudus agar tujuan akhir dapat dicapai dengan benar. Hidup dalam iman, mengikuti pimpinan-Nya dengan cara membaca, merenungkan dan melakukan Firman-Nya. Setia memelihara komunikasi dengan-Nya melalui doa. Semua ini adalah usaha berjuang dengan iman agar kehidupan rohani kita semakin hari semakin kuat (Roma 10:17). Dengan menguatnya kehidupan rohani maka keinginan daging tidak lagi berkuasa dalam hidup kita (Yohanes 6:63).  Jadikanlah membangun kehidupan rohani menjadi fokus kehidupan kita, maka buah roh itu akan mengikutinya.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Tidak ada peristiwa kebetulan dalam kehidupan sebagai sesuatu kejadian yang di luar pengaturan Allah. Oleh karena itu diperlukan pertumbuhan disiplin rohani, rela dipimpin Roh Kudus untuk dapat melihat pekerjaan Allah dalam setiap detail kehidupan kita.

 

Jika keputusan yang kita ambil dalam keseharian tidak sesuai dengan kehendak-Nya, maka melalui keadaan tersebut Tuhan akan membuat roh kita merasa tidak ada damai sejahtera.

Apakah Anda menyadari bahwa dalam hal-hal yang kecil sekalipun selalu ada campur tangan Allah dibaliknya? Sharingkan!

[HP]

You may also like...