Berkata-kata Dalam Bahasa Yang Baik

Tema September : RENEW MY COMMUNICATION
Sub Tema : BERKATA-KATA DALAM BAHASA YANG BAIK

 

Sangatlah penting untuk selalu menjaga ucapan atau kata-kata yang keluar dari mulut kita, karena dengan kata-kata, kita bisa dipercaya atau tidak bisa dipercaya dan kata-kata itu sesungguhnya akan menentukan masa depan.
Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya (Amsal 18:21).
Alkitab telah memberitahu dampak buruk yang dihasilkan akibat dari sikap yang bersungut-sungut dan mengucapkan kata-kata yang sia-sia, oleh karena itu perlu untuk introspeksi diri dan selalu berkata-kata dalam bahasa yang baik (1Korintus 10:10-11).
Kata-kata yang harus dihindari menurut Efesus 5:3-4 adalah sebagai berikut:
Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono–karena hal-hal ini tidak pantas–tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Kata-kata yang seperti disebutkan di atas apabila sering diperkatakan, lama kelamaan menjadi kebiasaan dan pada akhirnya akan menjadi sebuah kepribadian, seperti berikut ini:

  •  Awalnya hanya kata-kata cabul kemudian akan berkembang menjadi perbuatan cabul, dan akhirnya menjadi orang cabul / orang sundal.
  • Awalnya hanya kata-kata cemar kemudian akan berkembang menjadi perbuatan cemar, dan akhirnya menjadi orang cemar.
  • Awalnya hanya kata-kata serakah kemudian akan berkembang menjadi perbuatan serakah, dan akhirnya menjadi orang serakah.

Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. (Efesus 5:5)

Untuk menghindari masalah tersebut di atas, mulailah introspeksi diri menjaga hati, dengan segera menyelesaikan setiap masalah yang ada sekecil apapun sehingga setiap ucapan yang keluar dari mulut kita selalu yang baik (Lukas 6:45).

Pertanyaan dan Aplikasi:
Salah satu alasan penting untuk selalu berkata-kata dalam bahasa yang baik adalah karena kata-kata memiliki kuasa. Sama seperti air menyegarkan kembali tanaman yang layu, kata-kata juga dapat menyegarkan dan membangkitkan semangat orang yang mendengarnya.
Apa yang harus Anda lakukan agar senantiasa dapat mengucapkan kata-kata yang baik dan membangun? Sharingkan!

HP

You may also like...