God is My Rock

Judul             : GOD IS MY ROCK (TUHAN ADALAH GUNUNG BATUKU)

Topik             : Berdiri teguh di atas dasar Firman Tuhan yang adalah Gunung  

                          Batu, tempat perlindungan yang teguh.

Ayat-ayat      : 2Samuel 22:1-4 (Mazmur 18)

 

1 Daud mengatakan perkataan nyanyian ini kepada TUHAN pada waktu TUHAN telah melepaskan dia dari cengkeraman semua musuhnya dan dari cengkeraman Saul. 

2 Ia berkata: “Ya, TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku, 

3  Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku; Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan. 

4  Terpujilah TUHAN, seruku; maka akupun selamat dari pada musuhku. 

 

Menikmati Firman Tuhan (Enjoy The Words) hanya mungkin apabila kita mau mendengar dan melakukan Firman Tuhan. Demikian juga janji-janji yang ada di dalam Firman Tuhan akan dapat dinikmati apabila kita tetap berdiri teguh di atas dasar Firman Tuhan yang adalah Gunung Batu tempat perlindungan.

 

Daud yang telah banyak menikmati pengalaman janji-janji Firman Tuhan dalam hidupnya menyebut Allah sebagai Gunung Batu. Dan Allah yang adalah Gunung Batu akan:

  1. Memberi jaminan perlindungan dalam kehidupan dari segala kebinasaan.

Seperti Allah telah menyelamatkan Daud dari cengkeraman musuhnya. Perlindungan yang sama kita dapatkan apabila kita berdiri teguh di atas dasar Firman Tuhan seperti yang dilakukan Daud. Perlindungan terhadap sakit penyakit dan setiap masalah yang kita tidak mampu lagi menanganinya dalam kehidupan sehari-hari. (Ilustrasi: lukisan seekor burung yang berlindung di balik celah batu karang sementara hujan badai di sekelilingnya).

  1. Memberi jaminan akan keselamatan hidup.

Seperti sebuah rumah yang dibangun di atas pondasi batu yang kokoh dan kuat (Matius 7:24-25). Pondasi kehidupan yang kuat memampukan kita untuk menghadapi setiap pencobaan.

 

Adapun orang yang hidup di atas gunung batu adalah:

  1. Hidup yang didasari oleh Firman Tuhan (Matius 7:24-25).

Allah yang adalah gunung batu memberikan jaminan keberhasilan di dalam setiap langkah iman kita.

 

  1. Hidup yang berserah dan mengandalkan Tuhan (1Raja-raja 19:4).

Berserah bukan berarti pasrah. Karena pasrah berarti menyerah, kehilangan pengharapan dan tidak berbuat apa-apa. Sementara orang yang berserah tetap mengikuti kehendak Tuhan, percaya dan menyerahkan diri pada rencana dan pimpinan Tuhan. Orang yang berserah juga tetap berpikiran positif, memiliki semangat hidup yang tinggi dan yakin akan pemeliharaan Tuhan atas hidupnya. 

 

  1. Hidup yang dipenuhi dengan campur tangan Tuhan (1Korintus 15:57-58).

Mulai dari waktu pertobatan sampai dengan hari ini, Tuhan adalah pembela kita ketika kita hidup di atas dasar Firman Tuhan.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Gunung batu adalah tempat perlindungan dan tempat berpijak yang tidak akan goyah. Daud mengumpamakan Allah seperti gunung batu.

Apakah kita sudah berpijak dan berlindung di atas gunung batu? Sharingkan!

 

 

                                                                                                                                                [HP]

You may also like...