Penghalang Doa

Apabila kamu menadahkan tanganmu untuk berdoa, Aku akan memalingkan muka-Ku bahkan sekalipun kamu berkali-kali berdoa, Aku tidak akan mendengarkannya, sebab tanganmu penuh dengan darah.  Yesaya 1:15.

Seorang anak yang tangannya kotor meminta sepotong roti kepada ayahnya.  Apakah yang akan dikatakan sang ayah kepada anaknya? Apakah sang ayah akan segera memberikan roti kepada anaknya ? tentu tidak. Seorang ayah yang bijak tentu akan meminta anaknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu kemudan memberikannya roti.

Demikian juga dengan Bapa di surga.  Doa kita seringkali terhalang bukan karena Bapa di surga berlambat-lambat untuk mengabulkannya, tapi masih ada hal-hal yang perlu dibersihkan dalam hidup kita.  Dosa merupakan penyebab utama penghalang doa.

“Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya” (Yak5:16b).  Dalam ayat ini tidak dikatakan ‘doa yang benar’, tetapi ‘doa orang yang benar’.  Orangnya dan bukan doanya yang menentuian keefektifan doa. Pertobatan dan perubahan hidup merupakan syarat utama doa yang dijawab oleh Tuhan. Jelas bahwa doa dan sikap hidup sangat erat hubungannya.  (BHW)

You may also like...