Kesombongan yang Menghancurkan

Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak naik ke langit, aku hendak mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah… Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan…  Yesaya 14:13, 15.

Kesombongan dapat menghinggapi seetiap orang.  Apakah ia seorang pengusaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, kaya, miskin, tua maupun muda dapat menjadi sombong.

Kesombongan biasanya berawal dari kelebihan atau keunggulan yang seseorang miliki. Orang yang cantik bisa menjadi sombong karena kecantikannya, orang yarg kaya menjadi sombong karena kekayaannya, orang yang pandai menjadi sombong karena kepandaiannya.  Kesombongan tidak pernah membawa orang menjadi lebih hebat dan lebih sukses, tapi sebaliknya, justru menghancurkan hidup seseorang.  Pujian dan sanjungan yang orang lain berikan kepada kita sering kali tanpa disadari dapat menjadikan kita sombong

Bagaimana supaya kita tidak menjadi sombong? Dengan menyadari bahwa semua yang kita miliki entah itu kekayaan, kepandaian, kecantikan dan kelebihan-kelebihan yang lain, bukanlah hasil usaha kita tetapi semuanya berasal dari Tuhan.  Dengan selalu mengingat akan hal ini, kita dapat menjaga untuk tetap rendah hati. (BHW)

You may also like...