Karunia dan Usaha

Karena itu, saudara-saudaraku, usahakanlah dirimu untuk memperoleh karunia untuk bernubuat dan janganlah melarang orang yang berkata-kata dalam bahasa roh.  1 Korintus 14:39

Anda membeli dua pisau buatan pabrik yang sarna, jenis yang sama, dengan harga yang sama, dari toko yang sama, dan pada hari yang sama.  Pisau pertama Anda gunakan dan dengan demikian Anda senantiasa mengasahnya. Sementara, pisau yang kedua Anda simpan di kemari tanpa pernah digunakan sama sekaii. Lima tahun kemudian, pisau mana yang lebih tajam?

Benar, pisau yang lebih tajam adalah pisau yang pertama, yaitu pisau yang digunakan. Sementara, pisau yang kedua, karena tidak pernah digunakan, lama-kelamaan akan berkarat dan menjadi tumpul.

Demikian juga dengan karunia-karunia rohani.  Kita dapat mengusahakan diri kita untuk memperolehnya.  Bagaimana caranya? Yaitu dengan berusaha menggunakan karunia yang sudah diberikan kepada kita pada setiap kesempatan yang Tuhan berikan.  Dengan demikian, Tuhan akan mempertajam karunia tersebut dan menambahkannya dengan karunia-karunia yang lain. (BHW)

You may also like...