Rancangan Tuhan yang Terbaik

Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana.  Amsal 19:21.

Pemahkah Anda mendengar berita di koran atau televisi seorang lelaki ditangkap karena kedapatan menjadi tentara atau polisi gadungan? Kasus kejahatan ini sangat sering terjadi. Biasanya setelah diselidiki, ketahuan bahwa oknum yang menyamar itu dulu bercita-cita menjadi polisi atau tentara, tetapi karena tidak lulus ujian masuk maka tidak berhasil meraih cita-citanya.

Memang tidak setiap kita bisa mencapai apa yang menjadi cita-cita waktu kecil, ingin menjadi apa setelah dewasa. Ada yang gagal karena faktor ekonomi, yang lain karena kemampuan akademik yang terbatas, bahkan ada yang terpaksa mengikuti keinginan orang tua, dan mengubur mimpinya sendiri jauh di dalam hati.

Saat ini saya hanya seorang ibu rumah tangga, bukan reporter berita yang bisa mewawancarai Kepala-Kepala Negara atau meliput perang. Tentu saja saya kecewa. Banyak orang yang tetap menyesali diri berkepanjangan karena cita-cita yang kandas dan akhirnya menjalani hidup asal-asalan.

Jika kita merenungkan Amsal 19:21 “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan Tuhanlah yang terlaksana,” maka kita bisa menerima keberadaan kita saat ini adalah keputusan Tuhan yang terbaik untuk hidup kita. Jangan menyesali Anda tidak menjadi seperti yang Anda inginkan, karena Anda seperti yang Tuhan inginkan itulah hal terindah yang harus terus disyukuri sebab hanya rancangan Tuhan yang terbaik buat hidup kita. Dengan begitu kita bisa berbuat banyak bagi sesama. (EK)

You may also like...