Faktor Penentu Kesuksesan

Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. (Amsal 1:7)

Dalam bukunya “The Millionaire Mind“, Thomas J. Stanley, PhD. mewawancarai para milioner di Amerika untuk mengetahui faktor penyebab keberhasilan mereka dalam bidang ekonomi. Pandangan mereka mungkin mengejutkan beberapa orang karena faktor yang dikatakan tidak mengatakan soal kepandaian (IQ), gelar, bakat ataupun ketampanan/kecantikan.

Ada 30 faktor penentu paling penting dalam keberhasilan bidang ekonomi mereka, lima faktor penentu terbesar adalah sebagai berikut: INTEGRITAS, bersikap jujur terhadap semua orang; DISIPLIN, menerapkan kendali pada diri sendiri; KETRAMPILAN SOSIAL, mudah bergaul dengan kalangan masyarakat; PASANGAN (istri/suami) yang mendukung; serta KERJA KERAS dan TEKUN, lebih dari kebanyakan orang.

Faktor keberuntungan (luck factor), hoki atau berkat yang sering diduga sebagi faktor terbesar hanya menduduki nomor ke 27. Stanley menanyakan bagaimana seandainya ke 5 faktor utama itu salah satunya tidak dipunyai oleh seorang pengusaha, para milioner beranggapan kemungkinan kecil sekali pengusaha tersebut akan mendapat kesuksesan.

Pak Stanley tidak  boleh melupakan satu factor penentu dari semua hal yang terpenting untuk sukses yatitu “takut akan Tuhan”. Takut akan Tuhan adalah sumber semua pengetahuan. Tidak hanya pengetahuan secara intelek, tetapi pengetahuan secara rohani. Sesukses apapun seseorang tanpa factor spiritual (rohani = takut akan Tuhan) dia akan menjadi sombong. Dihadapan Tuhan kesombongan adalah bentuk pemberontakan kepada Tuhan. Karena Tuhan-lah sumber dari segala kesuksesan manusia. (pepsi)

You may also like...