Be a Disciple of Christ

Tema Oktober: IMPACT OF LOVE (DAMPAK DARI KASIH)

Judul​​: BE DISCIPLE OF CHRIST (MENJADI MURID KRISTUS)

Ayat​​: YOHANES 13:34-35

 

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihikamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.  Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi. (Yohanes 13:34-35).

Menjadi seorang Kristen bukanlah hanya soal kita pergi ke gereja atau soal kita percaya hal-hal tertentu sebagai kebenaran. Menjadi murid Yesus berarti ada suatu perubahan yang menyeluruh dalam pola pikir dan perilaku kita. Kita diperintahkan untuk saling mengasihi dengan cara yang sama seperti Yesus telah mengasihi kita.

Segala perbuatan yang kita lakukan didasari oleh kasih Tuhan. Iman yang kita miliki harus bekerja sama dengan kasih sehingga menjadi sempurna. Karena kasih adalah langkah iman dalam kehidupan orang percaya.

Menjadi murid Yesus Kristus harus memiliki dampak sebagai berikut:

 

1. Harus saling mengasihi (Yohanes 13:34).

Menjadi murid Yesus berarti menjadi orang yang benar-benar baru, bukan hanya sekedar namanya saja tetapiseluruh pikiran dan perilaku kita. Sebagai dampak nyata dari murid Yesus adalah kita harus saling mengasihi. Perilaku ini harus dapat dilihat oleh semua orang. Menyatakan kasih Kristus di dalam keluarga maupun di dalam masyarakat. Menjadi murid Yesus berarti melakukan ajaran Yesus, melakukan perintah baru yaitu supaya kita saling mengasihi seperti Yesus telah mengasihi kita. (cat: “Perintah Lama” adalah Hukum Taurat yaitu 10 Perintah Allah; dan Hukum Taurat inipun dijabarkan menjadi 613 hukum, yang dibuat oleh Rabbi Simlai di abad ke-3).

Setiap murid Yesus harus hidup oleh iman dan dipanggil untuk berjalan di jalur yang sama dengan yang telah dilalui oleh Yesus sehingga orang bisa melihat Kristus dalam diri kita (Galatia 3:11; Matius 22:37-40).

 

2. Harus dapat dirasakan oleh semua orang (1 Yohanes 4:19-21).

Kasih tidak mementingkan diri sendiri dan tidak membenci (1 Yohanes 4:8). Kasih itu harus ada tindakan yang dapat dirasakan oleh semua orang. Contoh dalam Alkitab adalah orang Samaria yang baik hati.

 

3. Harus dinyatakan tanpa ketakutan (1 Yohanes 4:18).

Kasih dinyatakan tanpa ada rasa takut. Untuk mengenal kasih Allah, lakukan bagian kita dengan penuh ketaatan dan tanpa beban.  Sekalipun Allah tidak terlihat, namun tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang melindungi kita (Roma 8:38-39).

 

Aplikasi:

Di dalam keseharian, pernahkah kita menyatakan kasih Kristus kepada orang lain, mungkin hanya melalui tindakan-tindakan kecil yang pernah kita berikan atau pemberian-pemberian kecil yang lain, dimana orang lain merasakan dampak kasih Kristus dalam hidup kita. Kasih bukanlah kasih hingga Anda membagikannya.

Sharingkan satu dengan yang lain agar dapat saling mendorong melakukan kasih Kristus kepada orang lain

 

 

 

You may also like...