Love is Progressive

Tema November         : LIFE OF LOVE

Judul                            : LOVE IS PROGRESSIVE (Kasih Itu Progresif)

Ayat                             : 1 Korintus 13:8-11

Kasih itu progresif, artinya bahwa kasih itu berkembang dan terus menerus tidak berkesudahan.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kasih itu dapat bertumbuh dan berkembang yaitu: 

  1. Jangan menjadi bebal, melainkan jadikan Firman Tuhan sebagai nilai yang penting dalam hidup kita. 

Kita harus memperhatikan bagaimana seharusnya kita hidup, yaitu jangan kita hidup menjadi orang yang bebal, sebaliknya kita harus membangun gaya hidup yang disiplin, yaitu menjadi pelaku kebenaran Firman Tuhan (Efesus 5:15-17). Menjadikan kebenaran Firman Tuhan sebagai nilai yang penting yang kita pegang dalam kehidupan kita. Kalau kita menganggap kebenaran Firman itu penting maka itu akan menjadi prioritas utama hidup kita. Prioritas ini yang akan menentukan sikap hidup kita sehari-hari, dan itulah nantinya yang akan menjadi gaya hidup kita.

  • Mempergunakan waktu yang ada (Kairos & Kronos) dengan baik. 

Mengisi hari-hari kehidupan kita dengan mempraktekkan perbuatan kasih antara lain, kasih itu sabar, kasih itu tidak cemburu, dan seterusnya. Hanya orang-orang dewasa secara rohani yang bisa melakukan hal-hal tersebut. Oleh karena itu kita harus menggunakan waktu yang ada untuk membangun relasi dengan Tuhan untuk membangun kedewasaan rohani. 

  • Usahakan untuk mengenal kehendak Tuhan.

Dengan memiliki relasi yang erat dengan Tuhan maka kita akan mengerti kehendak Tuhan. Karena Tuhan telah mengasihi kita maka kita harus belajar mengasihi sesama kita. Tindakan kasih kita sekecil apapun terhadap sesama harus terus menerus kita lakukan selagi masih ada kesempatan. (Yohanes 13:34-35). 

Aplikasi:

Hubungan yang akrab dengan Tuhan dan kerinduan yang kuat untuk melakukan kehendak-Nya akan membawa kita kepada pertumbuhan kedewasaan rohani yang menjadi dasar bagi berkembangannya kasih yang progresif, terus menerus tidak berkesudahan. 

Bagaimana agar Anda bisa memiliki hubungan yang akrab dengan Tuhan untuk membangun kedewasaan rohani? Sharingkan satu dengan yang lain!

You may also like...