Victory in Faith

Tema   Maret  : LANGKAH-LANGKAH IMAN

 Judul              : VICTORY IN FAITH (KEMENANGAN DALAM IMAN)

 

Dalam kehidupan sebagai orang percaya ada suatu kemenangan yang Tuhan berikan dalam kehidupan kita karena Yesus sudah terlebih dahulu meraih kemenangan. Victory in Faith (kemenangan dalam iman) ini ditujukan kepada kita sebagai orang percaya.

Kematian Yesus Kristus adalah untuk menebus dosa manusia dan kebangkitan-Nya pada hari ketiga adalah untuk menyatakan kuasa-Nya yang lebih besar dari apa yang ada di muka bumi ini sekaligus menyatakan kasih-Nya kepada manusia.

Adanya Tuhan Yesus Kristus dalam diri orang percaya telah memberikan jaminan kebahagiaan sejati yang tidak dapat diukur dengan kekayaan, jabatan, dsb. Kepercayaan kepada Tuhan Yesus berarti juga membawa kita percaya dan berpihak kepada Allah Bapa yang maha kuasa dan penuh kasih. Oleh karena itu segala doa kepada Allah Bapa yang kita katakan dalam nama Tuhan Yesus pasti akan dijawab.

 

Bagaimana kita sebagai orang percaya bisa mengalami kuasa Tuhan dan hidup yang berkemenangan?

Roma 6:9 :  

Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi: maut tidak berkuasa lagi atas Dia. 

Firman Tuhan ini adalah awal dari iman percaya yang harus kita yakini di dalam kehidupan kita.

Iman percaya ini yang membawa kita dekat dengan Tuhan, mengalami kuasa Tuhan dan yang membawa kita kepada hidup yang berkemenangan.

 

Bagaimana kita bisa memperoleh kemenangan dalam iman ?

Yohanes 3:14-17

14 Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, 15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. 16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 

Dalam ayat-ayat tersebut di atas mengandung dua janji keselamatan / kemenangan dari Tuhan bagi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus yaitu:

  • Setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Dua kali ditegaskan di ayat 15 dan 16 bahwa iman percaya kepada Yesus membawa kita kepada hidup yang kekal selamanya. Hal yang sama juga dikatakan oleh Rasul Paulus dalam kitab Roma 6:7-10. Manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Ketika manusia masih dalam dosa rohnya mati, dan ketika manusia telah diselamatkan itu rohnya hidup. Sehingga roh orang yang percaya Yesus akan mengalami hidup yang kekal.
  • Setiap orang percaya diselamatkan. Ditegaskan di ayat 17, kalau kita percaya kepada Yesus maka kita sudah diselamatkan. Diselamatkan dari kehidupan dosa dengan segala akibatnya menjadi kehidupan baru dengan segala dampaknya. Paulus mengatakan juga bahwa keselamatan adalah hidup yang dipulihkan, hidup yang berkemenangan yaitu kehidupan bagi Allah (Roma 6:10). Karena kasih Kristus maka sepanjang hidup kita menjadi berarti yaitu hidup bagi kemuliaan nama Tuhan. Hidup yang berbuah, yang memberi dampak, dan peduli kepada sesama

 

Ada dua hal yang dapat kita lakukan supaya bisa memperoleh hidup berkemenangan dalam iman :

  1. Kita harus hidup taat kepada perintah Tuhan.

Penting untuk taat kepada setiap firman Tuhan supaya kita jangan kembali jatuh dalam dosa seperti peristiwa di Taman Eden saat awal penciptaan, yaitu pohon pengetahuan dan pohon kehidupan (Kejadian 2:9), tetapi kita terus hidup berkemenangan. Kita harus tetap percaya dan beriman kepada-Nya bahwa Tuhan sudah memulihkan hidup kita. Karena bagi kita sebagai orang percaya kita sudah mengalami keselamatan di surga dan di bumi. Yesus telah memulihkan kehidupan kita yang percaya kepada-Nya. Pemulihan kebahagiaan dalam keluarga, pemulihan ekonomi, pekerjaan dan seterusnya karena Allah sudah menyediakan segala kebutuhan manusia (Yohanes 10:10).

  1. Kita harus hidup dalam iman yang kita percayai itu.

Untuk memperoleh hidup yang berkemenangan maka orang benar akan hidup oleh iman. Tetap setia menunggu waktu Tuhan dalam iman untuk menjadi lebih dari pemenang.

 

Pertanyaan:

Mentaati perintah Tuhan dan hidup dalam iman kepada Tuhan akan membawa kita mengalami kemenangan-kemenangan dalam segala aspek hidup kita.

Sharingkan bagaimana pengalaman Anda dalam ketaatan dan melangkah dalam iman hingga mengalami kemenangan demi kemenangan!

 

 

[HP]

You may also like...