God Speaks Nowadays

Tema November    : His Word

Judul                      : God Speaks Nowadays

 

Tuhan tidak hanya berbicara kepada manusia, Ia juga memberi kesempatan kepada manusia untuk berbicara kepada-Nya melalui doa sebagai sarana komunikasi untuk berbicara kepada Tuhan. Sesungguhnya kita menerima jawaban setiap kali berdoa, sesuai dengan kehendak dan waktu Tuhan. (Yohanes 14:13-14)

Sejak penciptaan alam semesta sampai saat ini Tuhan masih berbicara kepada manusia (God Speaks Nowadays), bahkan sampai selama-lamanya Tuhan masih akan berbicara kepada manusia.

Ada dua alasan mengapa Tuhan masih terus berbicara kepada manusia :

  1. Karena kasih Tuhan Allah Bapa kepada umat-Nya tetap tidak berubah dari dahulu, sekarang dan selamanya. (Roma 8:35)
  2. Karena Tuhan tahu bahwa umat-Nya masih tetap akan memerlukan Dia sepanjang masa dari dahulu, sekarang dan selamanya. (Yohanes 10:27-29).

Manusia adalah makhluk yang diciptakan untuk bergantung kepada Tuhan karena itu komunikasi dengan Tuhan merupakan saat yang penting bagi kehidupan manusia. Kita tidak seharusnya takut atau cemas karena dalam keadaan dan situasi apapun Tuhan selalu menyertai, memimpin, dan mendengarkan seruan doa kita. Oleh karena itu kita harus melatih kepekaan rohani kita dalam mendengar suara (pesan) Tuhan supaya kita mengalami kasih kuasa Tuhan dalam kehidupan kita.

Di tengah kesibukan kita perlu meluangkan waktu untuk memberi perhatian kepada Tuhan, mendengar suara-Nya di tengah kemajuan teknologi, mendengar arahan-Nya melalui Roh Kudus untuk dijadikan pedoman hidup kita setiap hari. (Matius 11:28-29).

Kita harus mengubah pola pikir bahwa doa bukanlah bertransaksi dengan Allah, melainkan berdoa adalah meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan Allah. Membangun persahabatan dengan Allah melalui komunikasi dua arah (Kejadian 3:8). Tuhan yang berkomunikasi dengan Musa, Daud, Gideon, adalah Tuhan Alfa dan Omega (Wahyu 1:8) yang berbicara kepada kita saat ini. Jika kita menginginkan persahabatan dengan Allah maka kita akan senang berdoa.

 

Pertanyaan dan aplikasi:

Doa adalah komunikasi dua arah, dari Tuhan kepada kita dan dari kita kepada Tuhan. Jadi dalam berdoa hendaklah kita juga memberi kesempatan pada Tuhan untuk berbicara kepada kita. Mengingat bahwa Tuhan adalah Allah Yang Maha Besar, Pencipta alam semesta, sesungguhnya untuk berbicara kepada Tuhan itu benar-benar merupakan kesempatan yang sangat istimewa. Komunikasi yang berlangsung hari demi hari, waktu demi waktu ini Tuhan tidak hanya mendengar doa kita, tetapi Tuhan juga berbicara pada kita dan juga menjawab doa kita.

Untuk membangun kehidupan doa, ayo sharingkan pengalaman kehidupan doa Anda. Jadilah berkat satu dengan yang lainnya!

[HP]

You may also like...