Stand Firm In His Grace

Tema Agustus           : STAND FIRM

Judul                          : STAND FIRM IN HIS GRACE  (BERDIRI KOKOH DALAM ANUGERAH-NYA)

Ayat                            : Yakobus 1:16-17

 

Saudara-saudara yang kukasihi, janganlah sesat! 

Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran. (Yakobus 1:16-17)

 

Allah ingin supaya kita tetap bertahan dan berdiri kokoh dalam anugerah-Nya ketika menghadapi segala ujian. Rasul Yakobus mengingatkan agar kita jangan terlena oleh keinginan yang bisa menyesatkan, melainkan agar supaya kita selalu ingat bahwa Allah bukan hanya maha baik tetapi juga kebaikan-Nya tidak pernah berubah.

 

Kita harus belajar beberapa hal berikut agar bisa berdiri kokoh dalam anugerah-Nya, yaitu:

  1. Belajar untuk hidup tidak menyimpang dari kebenaran Firman Tuhan.

Jangan menipu diri sendiri karena keinginan kita sendiri dan jangan menjauh dari jalan Allah. Ketika muncul rasa kawatir atau takut dalam diri kita hendaklah selalu ingat bahwa Allah itu maha baik dan Allah itu setia akan janji-janji-Nya. Membaca dan merenungkan Firman Tuhan dengan sungguh-sungguh akan membantu kita untuk selalu ingat akan janji Tuhan. Jika kita mengutamakan kehendak Allah maka kita akan berkemenangan di dalam setiap ujian.

 

  1. Belajar untuk hidup fokus kepada Tuhan dan janji-Nya.

Jika tidak ingin tertipu oleh keinginan kita sendiri, maka harus menempatkan Firman Allah sebagai yang utama di dalam hidup kita. Dalam situasi apapun tetap fokus kepada Tuhan dan biarlah Firman Tuhan memperbarui pikiran kita. Janji Allah kepada masing-masing kita adalah unik dan personal. Allah yang berjanji adalah Allah yang setia dan tidak pernah berubah, tidak pernah bergeser. Seperti “iman Abraham” maka dasar percaya kita adalah bukanlah apa yang dilihat saat ini. Abraham tetap percaya sekalipun tidak ada dasar untuk berharap. Iman seperti Abraham itulah yang menolong kita untuk tetap berdiri kuat.

 

  1. Belajar untuk mendorong diri sendiri agar semakin menguatkan keyakinan akan kebaikan Allah.

Allah itu maha baik dan keselamatan yang kita terima adalah wujud nyata dari kebaikan Allah. Keselamatan adalah anugerah yang sempurna. Melalui pengorbanan Tuhan Yesus, Allah memberikan hidup yang baru kepada setiap orang yang bertobat dan percaya kepada Yesus. Kita bisa mengalami kebaikan Allah secara pribadi sekarang juga. Semua ini akan semakin menguatkan kepercayaan kita kepada Allah. Di tengah situasi yang sulit, kuatkan kepercayaan kepada Allah maka kita akan menjadi seorang Kristen yang semakin dewasa rohani. (Contoh: Daud, 1 Samuel 30:6). Apabila kita membiasakan diri membaca Firman Tuhan, menghafal dan mendeklarasikannya setiap hari maka Firman itu akan menjadi kekuatan dan perisai dalam kehidupan kita karena itu benar bahwa segala perkara dapat kita tanggung di dalam Tuhan. (Efesus 6:10; Amsal 30:5).

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Tuhan ingin supaya kita bisa berdiri kokoh dalam menghadapi segala ujian. Namun terkadang kita merasa takut dan khawatir dalam menghadapi ujian.

Bagaimana pengalaman Anda mengatasi kekhawatiran atau rasa takut yang muncul ketika menghadapi ujian? Sharingkan!

 

[HP]

You may also like...