Faith Through Courage (Iman Melalui Keteguhan Hati)

TEMA FEBRUARI   : LIVE BY FAITH (HIDUP DENGAN IMAN)

JUDUL                   : FAITH THROUGH COURAGE  (IMAN MELALUI  KETEGUHAN HATI)

AYAT                      : Yosua 14:6-15 ; Bilangan 14:6-9, 24

 

Orang percaya yang beriman akan selalu melihat dan berpegang pada janji Tuhan dalam hidupnya walaupun belum memperolehnya. Kualitas iman seperti inilah yang dimiliki oleh Kaleb bin Yefune yang dengan keteguhan hati taat berpegang pada janji Tuhan walaupun 45 tahun kemudian baru terwujud.  

 

Ada tiga hal yang dapat kita pelajari tentang iman melalui keteguhan hati dari kehidupan Kaleb bin Yefune, yaitu:

 

  1. Kaleb adalah orang yang taat total kepada Allah.

Kaleb adalah gambaran dari orang yang taat secara total kepada Allah, dan teguh hatinya, sehingga Allah amat menghargainya. Seperti Bapa-bapa leluhur sebelumnya, Abraham dan Nuh, mereka adalah orang-orang yang menjalani kehidupan dengan amat taat kepada Allah. Ketaatan total seperti ini juga yang dikatakan Yesus dalam Yohanes 14:15 , “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku

 

  1. Kaleb berani menunjukkan kesetiaan yang berkualitas.

Loyalitas dan penundukan diri Kaleb (submission), terbukti bahwa Kaleb selalu setia kepada Yosua sebagai pemimpin.  Kesetiaan Kaleb didasari oleh iman yang teguh. Seperti Bapa-bapa leluhur sebelumnya, misalnya Ayub dan Yusuf, mereka memiliki dasar iman yang teguh dalam menghadapi berbagai kesulitan dan cobaan hidup. Mereka tetap hidup benar di hadapan Allah dan tetap setia dalam segala keadaan yang menekan kehidupan mereka. Kitapun harus membangun dasar kehidupan iman yang teguh supaya kita berani menunjukkan kesetiaan yang berkualitas (1 Korintus 3:12-13).

 

  1. Kaleb hidup berpegang kepada janji-janji Tuhan.

Kaleb tetap berpegang teguh pada janji-janji Tuhan sehingga pada saat usianya 85 tahun ia memberanikan diri menagih Tuhan atas janji-Nya 45 tahun lalu, untuk memberikan Tanah Hebron kepadanya. (Pada saat Kaleb berusia 40 tahun, Tuhan pernah berjanji akan memberikan Tanah Hebron kepadanya)

Bagi kita yang hidup saat ini Janji Tuhan tetap bisa kita dapatkan, yaitu melalui Firman Tuhan yang kita baca setiap hari dan melalui doa-doa yang kita panjatkan setiap hari ataupun inspirasi tuntunan Roh Kudus langsung secara pribadi.

 

Pertanyaan dan Aplikasi

 

Teguhkan hati kita, tetap beriman seperti Kaleb, karena hanya waktu dan caranya Tuhan yang akan merealisasikan janji Tuhan dalam hidup kita. Tuhan juga akan menjagai keteguhan hati kita dengan damai sejahtera (Yesaya 26:3).

Sharingkan pengalaman Anda, bagaimana iman melalui keteguhan hati telah membuat Anda dapat meraih janji-janji Tuhan dalam kehidupan Anda ataupun yang saat ini sedang dalam  pergumulan. Lakukan bergiliran, agar saling menguatkan dalam  iman dan keteguhan hati di dalam kelompok Kesan Anda!

                                                                                                                            {HP}

You may also like...