Faith Through Action (Iman Melalui Tindakan)

Tema FEBRUARI   : LIVE BY FAITH (HIDUP DENGAN IMAN)

Judul                      : FAITH THROUGH ACTION (IMAN MELALUI TINDAKAN)

Ayat                       : Bilangan 13 & 14

 

TUHAN berfirman kepada Musa: 

“Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan, yang akan Kuberikan kepada orang Israel; dari setiap suku nenek moyang mereka haruslah kausuruh seorang, semuanya pemimpin-pemimpin di antara mereka.” (Bilangan 13:1-2)

 

Musa mengirim 12 orang untuk mengintai keadaan Tanah Kanaan. Setelah pengintaian selama 40 hari mereka kembali memberikan laporan kepada Musa dan segenap umat Israel. Mayoritas atau sebagian besar pengintai (10 orang) memberikan laporan yang suram dan menakutkan mengenai Tanah Kanaan. (Bilangan 13:31-32).

Sedangkan dua pengintai lainnya (Yosua dan Kaleb) tidak setuju dengan laporan dari mayoritas pengintai dan berusaha untuk meyakinkan bahwa mereka bisa menaklukkan Tanah Kanaan. (Bilangan 13:30).

 

Meskipun kedua belas orang itu melihat obyek yang sama tetapi Yosua dan Kaleb berbeda responnya dengan sepuluh pengintai lainnya. Hal ini disebabkan oleh iman mereka. Iman melalui tindakan yang ditunjukkan oleh Yosua dan Kaleb adalah bukti bahwa mereka berdua yakin dan mampu menaklukkan Tanah Kanaan karena Tuhan menyertai mereka. (Bilangan 14:9). Dari kedua kelompok ini kita bisa melihat perbedaan orang yang bertindak dengan iman dengan orang yang bertindak tanpa iman.

 

Orang yang bertindak tanpa iman:

  • Tindakannya melawan akan apa yang telah ditetapkan oleh Tuhan.
  • Ada ketakutan yang tidak terjadi dan mengambil jalan yang tidak semestinya.

 

Orang yang bertindak dengan iman:

  • Tindakannya tidaklah sia-sia, tidak merugikan diri sendiri juga banyak orang.
  • Dari tindakannya, orang dapat melihat bahwa ada kuasa Tuhan yang menyertai.

 

Di tengah ketidak pastian jaman disertai banyak masalah yang terjadi saat ini kita perlu melangkah dengan iman, berdoa dan tetap setia kepada Tuhan seperti Yosua dan Kaleb.

 

Ada 3 hal yang perlu kita lakukan untuk dapat bertindak dalam iman:

  1. Iman harus timbul dari pendengaran Firman Tuhan. (Yosua 3:7-13)

Melangkah dengan iman berarti membiarkan setiap langkah kehidupan kita dipimpin oleh Tuhan. Selalu ada cara dan jalan keluar yang terbaik dari Tuhan bagi setiap masalah kehidupan kita.

 

  1. Iman harus disertai dengan tindakan. (Yakobus 2:17-18)

Iman tanpa tindakan hanyalah angan-angan. Sedangkan tindakan iman mengawali mujizat karena ketika kita bertindak maka sesungguhnya Tuhan sudah lebih dahulu melangkah di depan kita.

 

  1. Buktikan imanmu maka engkau akan lebih percaya kepada Tuhan. (Matius 14:28-29)

Makin lama kita berjalan dalam iman, makin banyak kita mengalami perkara-perkara Tuhan dan iman kita akan makin bertumbuh sehingga kita tidak akan takut lagi akan apa yang Tuhan perintahkan untuk kita lakukan.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

 

Setelah sekian lama kita mengalami liku-liku kehidupan dan jalan bersama Tuhan, semakin lama kita berjalan dalam iman, maka semakin banyak kita mengalami perkara-perkara dan iman kita terus semakin bertumbuh , tentunya kita tidak perlu takut lagi akan apa yang Tuhan perintahkan untuk kita lakukan. Berjalan bersama Tuhan pasti ada kemenangan.

 

Sudahkah Anda menyerahkan seluruh perkara-perkara dalam kehidupan Anda untuk hanya beriman kepada Tuhan? Sharingkan!

                                                                                                                  {HP}

You may also like...