God’s Help Is Never Too Late (Pertolongan Tuhan Tidak Pernah Terlambat)

Tema Oktober         : BELIEVE IN HIM

Judul                         : God’s Help Is Never Too Late

  (Pertolongan Tuhan Tidak Pernah Terlambat)

Ayat                           : Yohanes 11:1-7

 

Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat. Ini adalah sebuah kebenaran bagi orang beriman, dimana Allah membawa kita untuk melihat dari sudut pandang yang lebih tinggi. Dan dari sudut pandang-Nya ini yang memampukan kita untuk tidak khawatir dan cemas bagaimana kita hidup.

Yesus tidak pernah bertindak dari sudut pandang-Nya sendiri, melainkan selalu bekerja dari sudut pandang Bapa-Nya.

 

Seperti yang terjadi ketika Maria dan Marta minta tolong karena Lazarus saudaranya sakit dan berharap Yesus segera datang. Namun respon Yesus tidak seperti harapan mereka, Yesus tidak segera datang bahkan sampai Lazarus mati. Dari sudut pandang manusia (Marta dan Maria) kelihatannya terlambat, tetapi dari sudut pandang Allah kehadiran Yesus menolong Lazarus tidak terlambat karena kemuliaan Allah dinyatakan melalui kebangkitan Lazarus.

Yesus selalu mengikuti langkah Allah, dan kita harus belajar melakukan hal yang serupa, ketika kita berdoa kita belajar untuk memahami kebenaran Firman dari sudut pandang Allah.

 

  • Pada waktu kita berdoa, apapun pergumulan kita, yakinlah bahwa Tuhan paham dan tahu apa yang sedang kita rasakan. (Yohanes 11:3)

 

  • Pada waktu kita berdoa, sesungguhnya Tuhan tidak tinggal diam, namun Dia memagari dan melindungi kita. Tuhan juga memastikan bahwa kesulitan dan pergumulan yang sedang kita hadapi saat ini, kelak akan membawa kemuliaan bagi Allah. Pada waktu kita mengalami hal-hal yang sulit di tengah pandemi saat ini, Tuhan ingin ujian ini kelak membuat kita menjadi naik ke level yang lebih dewasa rohani. (Yohanes 11:4)

 

  • Seperti Yesus peduli pada Maria, Marta dan Lazarus, demikian juga Yesus peduli dan mengasihi kita. Ketika kita diijinkan mengalami penderitaan atau kesulitan dalam hidup, Allah ingin melalui penderitaan kemuliaan-Nya dinyatakan. (Yohanes 11:5)

 

  • Yesus tahu persis waktu yang terbaik buat hidup kita sehingga ketika kasih dan anugerah-Nya dinyatakan kita sudah siap. (Yohanes 11:6, 7)

 

Dalam segala kondisi marilah bawa diri kita kepada Tuhan yang berdaulat. Percaya dan  sabar akan waktunya Tuhan, percaya akan kedaulatan Tuhan, percaya bahwa pertolongan-Nya tidak terlambat.

Karena kepada kita diberi kasih karunia bukan hanya keselamatan tetapi juga menderita seperti Kristus.

 

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

 

Sebagai orang beriman sudah seharusnya kita memenuhi hati dan pikiran kita dengan kebenaran firman bahwa Allah yang berdaulat mengendalikan segala sesuatu. Dan jika hati dan pikiran kita benar-benar dipenuhi dengan kebenaran tersebut, maka pada saat mengalami kesukaran, dengan mudah kita akan ingat bahwa pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat.

Apakah kesadaran pengendalian Ilahi dalam kedaulatan Allah ini sudah terbentuk menguasai hati dan pikiran Anda? Sharingkan!

 

                                                                                                                                                            [HP]

You may also like...