Never Too Late

Tema              : Enjoy the Words

Ayat-ayat        : 2 Samuel 22: 1-4 ; 21-30

Daud adalah salah satu contoh orang yang hidupnya berkenan di hadapan Tuhan. Daud senantiasa percaya dan berlindung hanya pada Tuhan. Dengan kata lain bahwa Daud selalu berada di dalam payung perkenanan Tuhan.

Demikian juga kita dapat menikmati janji-janji Firman Tuhan (Enjoy the Words) hanya apabila kita hidup di dalam payung perkenanan Tuhan. Akibat dari hidup dalam perkenanan Tuhan ini juga yang kemudian akan membebaskan kita dari tiga ketakutan sbb:

  1. Tuhan akan membereskan segala dosa-dosa masa lalu kita. Semua dosa dan kesalahan kita sudah ditebus oleh pribadi Yesus Kristus.
  2. Tuhan akan membereskan ketidakpastian dalam hidup kita. Bagi kita sebagai orang percaya yang ada hanyalah kepastian, yaitu hari depan yang penuh harapan (Yeremia 29:11).
  3. Tuhan akan membereskan masalah musuh kita. Ketakutan adalah salah satu musuh yang akan dibereskan oleh Tuhan supaya tidak lagi mengganggu pertumbuhan rohani kita.

Daud mengakui bahwa ketiga hal tersebut telah dibereskan oleh Tuhan dalam hidupnya. Demikian juga kita saat ini yang hidup dalam kasih dan anugerah Tuhan, oleh karya penebusan Yesus di kayu salib akan menikmati  janji Firman Tuhan yang sama (Yohanes 1:12).

Langkah-langkah yang harus kita lakukan supaya kita tetap bertahan hidup dalam payung perkenanan Tuhan:

  1. Perkataan kita harus sesuai dengan iman kita (2 Korintus 4:3). Kita harus menjaga setiap perkataan kita yang sesuai dengan iman kita supaya rancangan Tuhan yang baik untuk kehidupan kita tetap terjaga. Sebagai orang percaya kita harus mengatakan apa yang ingin kita lihat yang sesuai dengan iman kita.
  2. Tindakan kita harus sesuai dengan Firman Tuhan. Hidup benar sesuai dengan Firman Tuhan adalah yang seharusnya menjadi kebiasaan orang percaya.
  3. Kita harus memiliki sikap hati yang terus menantikan Tuhan. Miliki kerendahan hati dengan tetap menanti pertolongan dan tuntunan Tuhan dalam segala hal.

Pertanyaan dan Aplikasi:

Bagi Daud, Tuhan adalah tempat berlindung yang memberi rasa aman dan damai.

Bagaimana dengan kita ? Sharingkan!

 

[HP]

You may also like...