Penundukan Diri = Kalah?

Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani  orang yang rendah hati.”  1 Petrus 5 : 5.

Kebanyakan orang  memiliki pola pikir bahwa penundukan diri berarti kalah.  Sedangkan Firman Tuhan berkata kita harus menundukkan diri kepada otoritas yang ada di atas kita. Kita hidup dibawah sebuah otoritas. Dalam hal hidup bernegara ada pemerintahan diatas kita.  Dalam hal pendidikan ada guru-guru dan kepala sekolah diatas kita. Demikian juga di dalam sebuah keluarga, ada orang tua yang memiliki otoritas.

Ada beberapa prinsip yang kita perlu ketahui supaya kita dapat menundukkan diri :

1.  Semua otoritas ditetapkan oleh Tuhan (Roma 13:1)

Walaupun seperti tidak ada campur tangan Tuhan dalam pengangkatan mereka, sesungguhnya Tuhanlah yang menetapkan mereka.

2.  Kita harus mentaati mereka (Ibrani 13:17)

Karena mereka adalah otoritas yang ditetapkan Tuhan, maka mereka adalah wakil Tuhan, yang untuk itu kita harus tunduk kepada mereka

3. Melawan otoritas berarti melawan Allah (Roma 13:2)

Seringkali tidak mudah untuk kita menundukkan diri kepada otoritas yang ada di atas kita, apalagi jika kita merasa sebaya dengan mereka dan mungkin kita merasa tidak sepaham.  Untuk itu, kita perlu memiliki kebesaran hati dan kerendahan hati.  Mungkin tidak mudah, tapi kita perlu terus berusaha merendahkan hati kita dibawah otoritas mereka. (IMAGE)

 

You may also like...