Harga Kepemimpinan

Sebab aku takut akan tuan, karena tuan adalah manusia yang keras; tuan mengambil apa yang tidak pernah tuan taruh dan tuan menuai apa yang tidak tuan tabor.  Lukas 19:21.

Kepemimpinan bukan sekadar suatu jabatan, tetapi lebih dari pada itu adalah suatu tanggung jawab.  Itu sebabnya ada harga yang sangat mahal yang harus dibayar oleh kepemimpinan yang benar.

Harga tersebut adalah berani mengambil resiko untuk disalahkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sama seperti kisah yang diceritakan oleh Tuhan Yesus (Lukas 19:11-27).  Hamba yang ketiga jelas merupakan hamba yang tidak bertanggung jawab.  Namun bukannya ia mengakui kemalasannya, justru ia menyalahkan tuannya untuk membenarkan perbuatannya.

Orang yang tidak berani mengambil resiko ini sulit untuk menjadi pemimpin yang baik.  Karena dalam kehidupan sehari-hari pemimpin acap kali harus menghadapi orang-orang yang seperti hamba ketiga itu, yaitu mencari kambing hitam untuk kesalahan yang sebenarnya ia perbuat.  Itu sebabnya seorang pemimpin adalah orang yang harus berani menghadapi kesulitan, bukan bersembunyi di balik punggung orang lain saat harus menghadapi tantangan.  (BHW)

You may also like...