Menang dalam Perlombaan

… marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.  Ibrani 12:1.

Kita pasti tidak pernah melihat orang membawa benda-benda yang tidak perlu dalam pertandingan lari. Sebaliknya, ia akan berpakaian sesederhana mungkin supaya saat ia berlari tidak ada sesuatu pun yang menghalanginya. Kemenangan akan ia peroleh jika tidak memikirkan hal-hal yang lain kecuali terfokus pada apa yang akan ia lakukan.

Hidup ini seperti perlombaan. Hal yang paling menghalangi kita meraih kemenangan dalam perlombaan iman tersebut adalah “beban dan dosa” seperti yang dikatakan penulis Ibrani. Pelayanan Simson hancur karena tidak menjaga moralitas. Yudas mati bunuh diri karena cinta uang. Kata beban di sini berbicara tentang sesuatu yang tidak perlu. Menanggalkan beban berarti melepaskan diri dari hal-hal yang tidak perlu kita lakukan dalam hidup ini.

Jika kita ingin berkemenangan dalam hidup kita, pertama kita harus membuang jauh-jauh beban dan dosa. Kedua, berlomba atau berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai garis akhir. (BHW)

 

You may also like...