Menang Atas Pencobaan

Di situ ia tinggal empat hari lamanya dan dicobai Iblis. Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar. Lalu berkatalah Iblis kepada-Nya: “Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”  Lukas 4:2-3.

Menawarkan makanan kepada orang yang sudah kenyang tentu saja tidak ada gunanya. Demikian juga, pencobaan tidak datang kepada orang yang tidak membutuhkannya. Namun orang yang jatuh ke dalam dosa biasanya berkata bahwa ia melakukannya karena kebutuhan yang mendesak. Dengan kata lain seandainya kebutuhannya tidak mendesak mungkin ia akan berhasil mengalahkan pencobaan. Alasan ini sebenarnya hanya untuk memaklumi kejatuhannya ke dalam dosa.

Tidaklah demikian halnya dengan Yesus, ketika Dia dalam keadaan yang sangat lapar. Iblis menawarkan makanan, tetapi tawaran yang kelihatannya baik itu ditolak oleh Yesus.

Hal ini mengajarkan kepada kita bahwa tidak semua tawaran, sekalipun hal tersebut kelihatan baik dan kita butuhkan, boleh kita ambil begitu saja. Kita harus selektif pada setiap tawaran. Tidak semua tawaran berasal dari Tuhan. (BHW)

 

You may also like...