Walking In God’s Purpose

 Tema November : Moving Forward – Melangkah Maju 

Judul : Walking in God’s Purpose 

Pembicara : Pdt. Thomas E. Rahardja 

Ulangan 31:6 

“Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.” 

Tuhan mau kita untuk tidak berdiam diri, melangkah maju, dan jangan ada kuatir dalam hati kita 

Karena Tuhan akan menyertai, tidak akan mengabaikan dan tidak akan meninggalkan kita. 

Kita harus melangkang maju dalam rencana Tuhan. 

Yer 29:11-14 

Bagaimana kita melangkah dalam rencana Tuhan? 

Kita harus memastikan setiap langkah yang kita ambil apakah sesuai dengan apa yang Tuhan ingin untuk kita lakukan, karena kalau tidak sesuai akan mendatangkan bencana dan malapetaka dalam kehidupan kita. Kita tahu bahwa rancangan Tuhan mendatang Damai Sejahtera, bukan maut atau malapetaka. Rancangan Tuhan adalah rancangan yang penuh harapan untuk masa depan kita. 

  1. Menemukan rancangan Tuhan yang baik untuk kita secara pribadi. (ay. 11) 

Jangan Mbalelo dan jangan terpengaruh dengan keadaan tetapi tetap dengar apa yang Tuhan mau dan tetapkan dalam kehidupan kita. 

  1. Tuhan akan menyertai dan mengajarkan kita untuk mengerjakan rencana yang dating daripada-Nya. (ay. 12 – 13) 

Setiap langkah yang kita ambil kebanyakan memikirkan apa kata orang lebih dari apa yang Tuhan mau dalam kehidupan kita. Kita harus berseru, berdoa, mencari dan menanyakan pada Tuhan. 

  1. Tuhan mau mengembalikan kita menjadi orang yang serupa segambar dengan dia dan yang berkuasa. (ay. 14) 

Tuhan sudah memulihkan kita dan menjadi terang yang diberikan kuasa. Hidup kita harus serupa segambar dengan Tuhan, dengan kuasa untuk menikmati berkat dari Tuhan dan untuk hidup menjadi berkat bagi orang lain. 

Mat 5:13-15 

Garam dan Terang Dunia 

Aplikasi/Penerapan: 

  1. Bagaimana cara kita menguatkan dan meneguhkan hati kita agar tidak takut dan gemetar dalam menghadapi tantangan atau situasi sulit dalam kehidupan kita, sebagaimana yang ditekankan dalam Ulangan 31:6? 
  2. Bagaimana kita bisa memastikan bahwa setiap langkah yang kita ambil dalam hidup kita sesuai dengan rencana Tuhan, sebagaimana dinyatakan dalam Yeremia 29:11-14? Apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar kita selalu berjalan dalam rancangan baik Tuhan? 
  3. Bagaimana kita dapat menjadi orang yang serupa segambar dengan Tuhan dan memanfaatkan kuasa yang diberikan-Nya, seperti yang disebutkan dalam Yeremia 29:14? Apa yang perlu kita lakukan agar hidup kita menjadi berkat bagi orang lain dan mencerminkan karakter Tuhan? 

Sharingkan! 

[YW] 

You may also like...