Serve Like Jesus Do

Tema Juli                         : Called To Serve (Dipanggil Untuk Melayani)

Judul                                 : Serve Like Jesus Do

Pembicara                      : Pdt. Markus Simanjuntak

Efesus 4:7-16 (TB-2)

7Tetapi, kepada kita masing-masing telah diberikan anugerah menurut ukuran pemberian Kristus. 8Itulah sebabnya dikatakan,“Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan, Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.” 9Bukankah “Ia telah naik” berarti bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah? 10Ia yang telah turun, Ia juga yang telah naik jauh lebih tinggi daripada semua langit, untuk memenuhi segala sesuatu. 11Dialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, 12untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, 13sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, 14sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh berbagai angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan. 15Sebaliknya, dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih, kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. 16Dari Dialah seluruh tubuh, yang rapi tersusun dan diikat menjadi satu oleh semua sendi yang menopangnya, menerima pertumbuhannya sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota, dan membangun dirinya dalam kasih.

Panggilan untuk melayani adalah sebuah kehormatan.

Melayani orang lain menjadi satu hal yang penting untuk kehidupan yang bahagia dan yang tergenapi (Serving others remains one of the essentials to living a happy and fulfilled life Charles Swindoll).

Melayani satu dengan yang lain itu akan menjadi pengikat (bukan pelengkap) dalam hidup seseorang.

Ada empat motivasi dalam pelayanan berdasarkan kitab Efesus 4:7-16, sebagai berikut:

  1. The Source (Efesus 4:7).

Kristus sumber karunia setiap orang. Setiap karunia dan pemberian Kristus (Kepala Gereja) adalah unik dan sesuai takaran iman. (1 Petrus 4:10). Setiap karunia yang diberikan Kristus adalah unik untuk melayani satu dengan yang lain. Setiap karunia harus dirawat dan dilipatgandakan.

  • The Cost (Efesus 4:8-10).

Kristus telah membayar harga karunia yang dipercayakan kepada kita. Kristus mengaruniakan pemimpin untuk menginstruksikan setiap anggota yang telah diberikan karunia agar memanfaatkannya secara efektif bagi pekerjaan pelayanan gereja. (Efesus 4:11-12). Betapa mahalnya karunia yang telah diberikan Kristus kepada kita untuk memperlengkapi kita dan memastikan setiap orang percaya bisa bekerja secara efektif bagi tubuh Kristus.

  • The Purpose (Efesus 4:13).

Kita melayani karena akan melihat dampaknya yaitu bahwa setiap orang akan bertumbuh. Setiap pelayanan yang telah kita lakukan pasti akan memberikan dampak.

  • The Result (Efesus 4: 14-16).

Kita melayani sehingga Gereja menjadi dewasa. Gereja melindungi dirinya sendiri dari ajaran palsu ketika semua anggota tubuh berfungsi dan bertumbuh ke arah kedewasaan Kristus. Hasil dari pelayanan adalah Gereja menjadi dewasa dari pengajaran, doktrin, iman dan terlindungi dari pengajaran palsu.

Aplikasi:

Setiap orang percaya yang sudah diselamatkan telah diberikan karunia oleh Yesus Kristus untuk membangun Gereja sebagai Tubuh Kristus. Bagaimana masing-masing kita bisa mengenali karunia-karunia itu? Sharingkan!

[HP]

You may also like...