You Are Chosen

Tema Tahun 2023        : Walks In God’s Will  (Berjalan Dalam Kehendak Allah)

Tema Juli                         : Called To Serve (Dipanggil Untuk Melayani)

Judul                                 : You Are Chosen (Kita Adalah Orang-orang Yang Dipilih)

Pembicara                      : Pdt. Thomas E. Raharja

Markus 10:45  Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” 

Kolose 3:23  Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Efesus 2:10  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. 

Kita diciptakan untuk hidup sesuai dengan rancangan Tuhan dan untuk melakukan kehendak Tuhan. Kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga kita bisa mengerti kehendak Tuhan dan melayani Tuhan dengan baik. Pelayanan bisa terjadi di mana saja di segala bidang kehidupan. Pemberian Tuhan berupa talenta yang harus dikembangkan. (Baca Matius 25:14-30 Perumpamaan tentang talenta Matius). Melalui pelayanan, Tuhan ingin hidup kita bisa menjadi berkat.

Apabila Tuhan telah memanggil kita untuk melayani, maka yang harus kita lakukan adalah:

  1. Jangan beralasan jika Allah memanggil kita untuk melayani.

Quote: “Kita tidak memilih panggilan kita, kita dipanggil kepada panggilan itu. Tuhan yang panggil kita, bukan kita yang memanggil diri kita sendiri”.

Our Challenging privilege, Our High Calling – Hak istimewa kami yang menantang panggilan tinggi kami yaitu menjadi mitranya Tuhan.

Panggilan untuk melayani merupakan panggilan yang istimewa. Kita mungkin tidak dipanggil seperti Rasul Paulus, namun sebagai apapun panggilan itu, kita lakukan untuk menjadi berkat bagi sesama dan untuk memuliakan nama Tuhan.

  • Responi setiap panggilan Tuhan.

Meresponi panggilan Tuhan berarti kita hidup sesuai dengan panggilan Tuhan. Melakukan apa yang Tuhan percayakan kepada kita. Roh Kudus akan menolong banyak hal yang membuat kita mampu melakukan panggilan pelayanan itu. Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya di Taman Eden untuk mengerjakan dan memelihara taman itu. (TB2)

  • Melayani menurut kehendak Bapa.

Kita perlu bimbingan Tuhan yang membuat kita mampu melakukan apa yang Tuhan percayakan kepada kita. Mazmur  91:14  “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. 

Rasul Paulus juga menulis hal ini tentang Daud dalam Kisah Para Rasul 13:22  Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku. 

Daud adalah seorang yang intim melakukan kehendak Tuhan:

Mazmur 6:2 Ya TUHAN, janganlah menghukum aku dalam murka-Mu, dan janganlah menghajar aku dalam kepanasan amarah-Mu. Dan Mazmur 25:16  Berpalinglah kepadaku dan kasihanilah aku, sebab aku sebatang kara dan tertindas. 

Daud adalah orang yang mengandalkan Tuhan karena Tuhan adalah pusat kehidupan dan ini dapat dilihat dari Mazmur Daud sebagai berikut:

Mazmur 84:11  Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih

baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik. 

Mazmur 119:97  Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari. 

1Samuel 23:2  Lalu bertanyalah Daud kepada TUHAN: “Apakah aku akan pergi mengalahkan orang

Filistin itu?” Jawab TUHAN kepada Daud: “Pergilah, kalahkanlah orang Filistin itu dan selamatkanlah Kehila.” 

Daud kenal dan punya pengalaman pribadi bersama dengan Tuhan. Kata kenal dalam bahasa Yunani yang dipakai adalah kata Ginosko

Ada 3 kata Yunani mengenai tahu dan kenal.

  1. Gnostos : tahu/data/fakta/informasi
  2. Oida : kenal/mengerti
  3. Ginosko : kenal/pribadi/saling kenal/punya pengalaman bersamanya/ mengalami

Kata Ginosko atau kenal ini juga dipakai dalam ayat-ayat berikut:  

Filipi 3:7-10  Tetapi apa yang dahulu merupakan keuntungan bagiku, sekarang kuanggap rugi karena Kristus. Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus, dan berada dalam Dia bukan dengan kebenaranku sendiri karena mentaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan. Yang kukehendaki ialah mengenal Dia dan kuasa kebangkitan-Nya dan persekutuan dalam penderitaan-Nya, di mana aku menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya, 

Matius 7:22-23  Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!” 

1Yohanes 4:8  Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. 

Aplikasi:

Tuhan Yesus adalah pusat kehidupan kita. Jangan hanya tahu Tuhan tetapi kita harus kenal Tuhan sampai kita memiliki karakter Kristus. Pengenalan akan Allah memampukan kita mengasihi diri sendiri, keluarga kita dan sesama. Pengenalan akan Allah memampukan kita mengampuni orang lain dan menerima semua orang apa adanya. Bagaimana pengalaman Anda mencari Tuhan dan mengenal Dia untuk membangun hubungan sampai di kedalaman hati? Sharingkan!

You may also like...