Roh Allah Diam Di Dalam Kamu

Tema Tahun 2023        : Walks In God’s Will  (Berjalan Dalam Kehendak Allah)

Tema Mei                        : Led By Holy Spirit (Hidup dipimpin oleh Roh Kudus)

Judul                                 : The Spirit Of God Is In You (Roh Tuhan ada di dalam kamu)

Pembicara                      : Pdt. Natalia

8  Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus. 10  Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran. 11  Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. 12  Jadi, saudara-saudara, kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. 13  Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. (Roma 8:8-13).

Setiap orang percaya hidupnya akan dipimpin oleh Roh Kudus. Hal ini terjadi ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Karena pada saat kita percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat sesungguhnya Roh Allah tinggal di dalam kita.

Tuhan ingin setiap orang percaya hidupnya dipimpin oleh Roh Kudus, meskipun demikian Tuhan tidak memaksa. Namun kalau orang hidup menurut daging tidak mungkin berkenan kepada Allah. (Galatia 5:19-21). Orang yang hidup menurut daging tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Sedangkan orang yang hidup dipimpin oleh Roh Kudus akan menghasilkan buah roh. (Galatia 5:22-23). Rasul Paulus juga mengatakan bahwa tubuh ini adalah bait Allah yang harus dijaga kekudusannya dengan cara hidup kudus didalam pimpinan Roh Kudus selalu. (1 Korintus 3:16-17). Roh Kudus adalah penghibur, penolong, pengajar, Ia tinggal di dalam hati kita seperti sahabat yang membela kita: tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (Yohanes 14:26). Roh Kudus yang akan mengajar hidup kita untuk berdoa, bersaksi, dll. Kita harus membuka hati kita untuk mau dipimpin oleh Roh Kudus lewat Firman Tuhan yang kita renungkan.

Ada tiga hal yang mengalami perubahan dalam hidup ketika kita dipimpin oleh Roh Kudus antara lain:

  1. Perubahan dalam pola pikir.

Orang yang dipimpin oleh Roh Kudus akan memiliki cara berpikir yang selalu menuntun kepada melakukan kebenaran Firman serta menyenangkan dan memuliakan Tuhan. Sebaliknya kalau cara berpikir menurut daging selalu menuntun kita kepada dosa.

Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. (Roma 8:5).

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu. (Filipi 4:8-9).

Kalau setiap hari kita merenungkan dan mengisi diri kita dengan firman Tuhan maka output pikiran kita akan seperti yang dikatakan dalam Firman tersebut.

  • Perubahan dalam tindakan atau perbuatan.

Roh Kudus yang akan memimpin tindakan dan perbuatan itu sendiri sehingga setiap orang yang hidup dipimpin oleh Roh Kudus akan menghasilkan buah roh yaitu: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. (Galatia 5:22-23). Roh Kudus akan menolong kita mengaplikasikan kebenaran Kristus dalam hati kita.

  • Perubahan dalam hati dan perasaan.

Perasaan dan hati orang yang dipimpin oleh Roh Kudus tidak lagi dikuasai oleh rasa takut dan gelisah karena perasaan dan hati telah diubahkan oleh Tuhan. Ia tinggal di dalam hati kita seperti sahabat yang membela kita. Tidak ada lagi yang membuat hidup kita takut. Saat dunia menekan, saat iblis menggoda, saat hati kita sendiri menghakimi kita, Roh Kudus berseru:  Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” (Roma 8:15). Orang yang hidup dipimpin oleh Roh Kudus perasaannya dikuasai oleh damai sejahtera Allah. (Yohanes 14:27). Perasaan kita dikendalikan oleh Roh Kudus dan tidak lagi dikendalikan oleh keadaan di sekitar kita. Roh Kudus adalah jaminan ketika hidup di dunia tidak mulus, Tuhan tidak akan meninggalkan kita.

Aplikasi:

Penuh Roh Kudus berarti kita menyadari bahwa ada Pribadi Ilahi yang berdiam dan bersatu dengan kita. Roh Kudus mendirikan tahta-Nya di hati kita, membenahi dan menguasai hati kita, sehingga kita semakin serupa dengan Kristus dan menjadi saksi-Nya di dunia ini. Bahkan Ia akan menolong kita untuk menolong dan memberkati sesama. Tuhan berkarya di dalam kita dan melalui kita. Dengan pertolongan-Nya, kita dimampukan menjadi serupa Yesus dan menjadi saksi bagi-Nya.

Mengapa kehadiran dan karya Roh Kudus dalam diri kita begitu penting? Sharingkan!

You may also like...