Harga Dari Sebuah Pengorbanan

Tema April: Pengorbanan Yang Sejati

Judul: Harga Dari Sebuah Pengorbanan

Pembicara : Pdt. Tommy Pajow

Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kitaadalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia.

Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajibmenyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.

Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalamkebenaran. (1 Yohanes 3:1, 16, 18).

Apabila ditelusuri lebih dalam maka harga dari sebuah pengorbanan yang kita lakukan dalam kehidupan ini seharusnya didasari olehpengorbanan yang telah Allah lakukan terlebih dahulu bagi kita yang dikasihi oleh-Nya. Oleh karena itu kita harus bisa mengakui danmenyadari betapa besarnya kasih Allah yang dikaruniakan kepada kitaketika status kita masih sebagai manusia yang berdosa. Tuhan sangatsayang, dan sangat mencintai diri kita. Hanya diri kita masing-masingyang tahu seberapa dalam, seberapa segar, dan seberapa berartinyakasih Tuhan bagi kita. Prinsip Tuhan adalah mencari anak yang hilangseberapapun besarnya dosa kita, Tuhan tetap mengasihi dan menerimapertobatan kita. Ada banyak orang-orang di sekitar kita yang padamulanya ingin menghindar dari Tuhan namun karena Tuhan mengasihidan mencari mereka pada akhirnya mereka sadar, bertobat dan menjadimitranya Tuhan. (Contoh orang-orang yang telah merasakan kasihTuhan: 1.Seorang Ibu yang tak jemu-jemu selama belasan tahunmendoakan suaminya. 2.Seorang sopir taksi yang konsistenmengabarkan Injil kepada setiap penumpangnya). 

Petrus dan Polycarpus adalah salah satu contoh bagi umat Kristen abadmula-mula, harga dari sebuah pengorbanan yang besar dalam iman dankepercayaan mereka kepada Yesus Kristus.

Setelah Yesus naik ke surga, Petrus menjadi salah satu pemimpin Gereja Kristen pertama. Ia menjadi misionaris dan memimpin banyak orang untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Pada akhirnya, Petrus ditangkap oleh penguasa Romawi karena iman percayanya kepada Yesus Kristus. Menurut tradisi, ketika Petrus akan disalibkan, ia meminta agar disalibkan dengan kepala di bawah dan kaki di atas, karena ia merasa tidak layak untuk mati dengan cara yang sama seperti Tuhan Yesus.

Polycarpus adalah seorang Uskup dan Martir Kristen yang hidup pada awal abad ke-2 Masehi di kota Smyrna. Dia dianggap sebagai salah satu Bapa Gereja awal dan murid dari Rasul Yohanes. Polycarpus diperintahkan untuk menyangkal kepercayaannya dan menyembah kaisar Romawi. Namun, Polycarpus menolak untuk melakukannya dan memilih untuk setia pada iman percayanya kepada Yesus Kristus. Polycarpus dianggap sebagai Martir Kristen yang terkenal dan menjadi contoh bagi umat Kristen lainnya untuk mengikuti iman percaya mereka dengan setia bahkan jika itu berarti menghadapi kematian.

Aplikasi:

Sebagai manusia, respon yang seharusnya kita lakukan atas kasihsayang dan pencarian Tuhan terhadap manusia yang berdosa adalahdengan merespon kasih-Nya dengan cara yang sama, yaitu denganmencintai-Nya dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya. Hal pertamayang dapat kita lakukan adalah dengan mengakui dosa-dosa kita danmeminta pengampunan-Nya. Kita juga perlu bertobat dan berusahauntuk tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama di masa depan.Selanjutnya, kita dapat memperdalam hubungan kita dengan Tuhanmelalui doa, membaca dan mempelajari Firman-Nya, bersekutu dengansesama pengikut Kristus, dan beribadah secara teratur.

Kita juga dapat menunjukkan rasa syukur dan penghargaan kita ataskasih-Nya dengan memberikan kasih dan pelayanan kepada sesamamanusia, terutama mereka yang membutuhkan.

Bagaimana respon Anda masing-masing? Sharingkan!

[HP]

You may also like...