Be Aware of Your Status

Tema Tahun 2023           : Walks In God’s Will  (Berjalan Dalam Kehendak Allah)

Tema Mei                         : Led By Holy Spirit (Hidup Dipimpin oleh Roh Kudus)

Judul                                  : Be Aware Of Your Status (Hati-hati Dengan Status Kita)

Pembicara                        : Ps. Yossie Martinus

Memahami status akan menolong seseorang dalam berpikir, berkehendak, berperilaku yang sesuai dengan statusnya.

14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. 15 Sebab, kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru, “Ya Abba, ya Bapa!” (Roma 8:14-15,TB-2).

Dulu kita ada di dalam roh perbudakan yang hidup di dalam ketakutan. Roh perbudakan menjadikan kita hamba. Tetapi sekarang telah menerima Roh Allah yang menjadikan kita sebagai anak Allah. Ada status yang baru sebagai anak Allah karena kita telah menerima Roh Allah. Roh Allah menjadikan kita anak Allah.

Roh perbudakan :Roh Allah :
Hidup seperti hamba.Hidup dalam ketakutan, membungkuk-bungkuk.Hidup seperti anak Allah.Menjadi anggota keluarga.Memanggil Dia:“Ya Abba, ya Bapa!”

Banyak orang yang hidup dalam ketakutan tetapi kebenaran Firman Tuhan mengatakan jangan takut karena kita adalah anak-anak Allah.

Anak Allah à hidup sebagai anak Allah. Kita punya akses langsung kepada Bapa yang akan menolong kita dan kita berhak memanggil Bapa kepada Allah kita. Dan untuk semuanya ini sebagai konsekuensinya kitapun harus menunjukkan sikap hidup sebagai anak Allah. Cara hidup yang lama harus kita tinggalkan dan kita masuk ke cara hidup yang baru. Cara hidup yang baru tersebut ada didalam Galatia 5:25,TB-2, Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,. Sebagai anak seharusnya kita punya waktu untuk membangun hubungan dengan Bapa.

Ada 3 hal penting yang harus kita lakukan antara lain:

  1. Mengutamakan hubungan dengan Tuhan.

Kalau hidup kita ingin dipimpin oleh Roh Allah maka kita harus punya hubungan dengan Tuhan sehingga kita bisa menjalankan status kita.

Tetapi, carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, dan semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33,TB-2).

  • Menghidupi kebenaran Firman Tuhan.

Tandanya bahwa kita menghidupi Firman Tuhan adalah berbuah dan dapat dirasakan oleh orang lain.

Namun buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. (Galatia 5:22-23,TB-2).

  • Melayani Tuhan lewat sesama.

Sebagai anak kita harus melayani Allah lewat sesama, pekerjaan, pelayanan, dll. Sebagai anak kita harus belajar untuk mulai menyenangkan Tuhan.

Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengelola yang baik dari berbagai anugerah Allah. (1 Petrus 4:10,TB-2).

Aplikasi:

Apakah kita punya waktu yang cukup untuk mendengarkan suara Tuhan buat kehidupan kita?

Sharingkan!

                                                                                                                                                                                        [HP]

You may also like...