New Season, New Perspective

Tema Januari                : NEW BEGINNING, NEW BLESSING (AWAL BARU, BERKAT BARU)

Judul                            : NEW SEASON, NEW PERSPECTIVE (MUSIM BARU, CARA PANDANG BARU)

Pembicara                    : Pdt. Natalia

Setiap musim kehidupan yang kita lewati tidak selalu sama dan tidak selalu sesuai dengan harapan kita, namun sesungguhnya bahwa setiap musim kehidupan itu indah karena semua itu tergantung dari bagaimana cara kita memandangnya. Cara pandang terhadap setiap musim kehidupan ini penting karena akan menentukan langkah selanjutnya dalam kehidupan kita. Dan cara pandang kita terhadap situasi, masalah atau terhadap musim kehidupan yang kita alami akan menentukan tindakan dan sikap kita selanjutnya.

Mazmur 27:13-14

Sesungguhnya, aku percaya akan melihat kebaikan TUHAN di negeri orang-orang yang hidup! 

Nantikanlah TUHAN! Kuatkanlah dan teguhkanlah hatimu! Ya, nantikanlah TUHAN! 

Ketika kita percaya akan kebaikan Tuhan, maka setiap musim kehidupan yang kita lewati pasti akan terlihat indah. 

Oleh karena itu ketika kita memasuki tahun 2023, ada suatu perubahan, ada suatu musim yang baru dimana kita harus melihatnya dengan cara pandang yang baru di dalam Tuhan. Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita harus melihatnya dengan benar sesuai dengan Firman Tuhan maka semuanya itu akan menjadi baik. 

Roma 8:28  

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. 

Kita harus melihat setiap musim yang terjadi dalam kehidupan kita dengan cara pandang yang benar sesuai dengan Firman Tuhan dalam Roma 8:28 tersebut, yaitu :

  1. Melihat dengan cara pandang yang berbeda atas musim kehidupan bahwa Allah mampu menggenapi janji-Nya. 

Kalimat “Kita tahu sekarang”, mengandung arti suatu kepastian atau percaya penuh bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu bagi diri kita untuk mendatangkan kebaikan. Meskipun kita tidak tahu kapan doa kita akan dijawab oleh Tuhan tetapi kita percaya bahwa Allah sanggup menggenapi janji-Nya. Dia akan menolong dan memulihkan keadaan kita. Oleh sebab itu penting bagi kita untuk terus membangun hubungan dan iman percaya kita kepada Tuhan. (Contoh: Yosua dan Kaleb memiliki cara pandang yang berbeda dengan 10 orang Pengintai lainnya karena Kaleb mampu melihat janji Tuhan).  

  • Melihat dengan cara pandang berbeda atas musim kehidupan bahwa kita sebenarnya sedang masuk dalam sekolahnya Tuhan. 

Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan. Namun kebaikan Tuhan ini terkadang tidak sesuai dengan harapan kita. Proses yang terjadi dalam kehidupan kita merupakan sekolahnya Tuhan. Proses seperti ini juga yang dialami Yusuf dalam perjalanan kehidupannya sebelum ia menjadi orang kedua di Mesir. Yusuf telah menjalani sekolahnya Tuhan. Melalui proses sekolahnya Tuhan ini tujuannya adalah supaya kita hidup dalam kebenaran Firman Tuhan, bisa menjadi kuat, tahan uji dan sanggup menghadapi masalah demi masalah dalam setiap musim kehidupan.

  • Melihat atas musim kehidupan sesuai dengan rencana Allah yaitu dengan cara pandang sebagaimana Kristus berpikir dan bertindak. 

Allah menciptakan manusia untuk menjadi serupa dan segambar dengan-Nya. 

Aplikasi:

Sekalipun ada hal-hal yang terjadi tidak seperti yang kita harapkan, mari kita tetap mengucap syukur karena penyertaan dan pertolongan Tuhan selalu ada dalam perjalanan hidup kita. Cara pandang kita yang baru terhadap situasi, masalah atau terhadap musim kehidupan yang kita alami akan menentukan tindakan dan sikap kita selanjutnya. Sudahkan kita mempergunakan cara pandang baru dalam musim baru yang kita masuki ini? Sharingkan satu sama lain tentang hal ini!          

You may also like...