Assurance of Guidance

TEMA              : DECLARATION OF FAITH

JUDUL           : ASSURANCE OF GUIDANCE

Ayat                : Amsal 3:5-6

 

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. (Amsal 3:5-6)

 

Allah selalu memberi petunjuk dan jaminan tuntunan dalam kehidupan supaya kita bisa sampai kepada tujuan (destiny) yang ditetapkan Tuhan bagi kita. Ada tiga cara kita mengetahui kehendak atau tuntunan Tuhan dalam hidup kita yaitu:

 

  1. Melalui Firman Tuhan.

Apabila kita terbiasa berpegang teguh pada Firman Allah maka melalui Firman-Nya yang sempurna akan memberi tuntunan pada apa yang harus kita lakukan. Karena Firman Tuhan adalah Pelita dan Terang bagi jalan kehidupan kita. Oleh karena itu penting bagi kita untuk setia membaca Firman Tuhan setiap hari dan taat melakukannya.

 

  1. Melalui Roh Kudus.

Tuhan memberi bimbingan melalui Roh Kudus. Kita harus hidup dalam keserasian yang sempurna dengan Yesus supaya roh kita dibaharui dalam setiap situasi kehidupan. Dengan demikian kita dapat membedakan mana kehendak Allah; apa yang baik dan berkenan kepada-Nya. Roh Kudus akan membukakan dan menyingkapkan kebenaran-kebenaran dalam kehidupan kita termasuk dalam hal-hal yang kecil sekalipun. Keakraban dengan Tuhan dan kerelaan hati kita untuk dibentuk akan membawa kita kepada tujuan yang sudah ditentukan Tuhan dalam hidup kita sesuai rancangan-Nya (Yeremia 29:11-13).

 

  1. Melalui Orang-orang di sekitar kita.

Tuntunan Tuhan dapat melalui orang di sekitar kita yang diberi otoritas rohani untuk menolong kita. Allah juga bisa memakai orang lain dalam tuntunan Roh Kudus untuk menasihati kita sesuai dengan pemahaman langsung dari Roh Kudus-Nya.

 

Pertanyaan dan aplikasi:

Allah selalu memberi petunjuk dan tuntunan dalam kehidupan kita orang percaya. Dengan demikian kita bisa sampai kepada tujuan yang ditetapkan Tuhan bagi kita.

Apakah hidup kita saat ini sudah sungguh-sungguh mengandalkan petunjuk dan tuntunan Tuhan? Atau masih mengandalkan kemampuan diri kita sendiri?

Renungkan kedua pertanyaan penting ini dan sharingkan, sehingga selanjutnya kita dapat mulai mendeklarasikan iman kita!

 

 

[HP]

You may also like...