Assurance of Answered Prayer

TEMA              : DECLARATION OF FAITH

JUDUL : ASSURANCE OF ANSWERED PRAYER

  (Jaminan Jawaban Doa)

Ayat                : Yohanes 16:23b-24

 

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. (Yohanes 16:23b-24)

 

Rasul Yohanes memberitahu kita bahwa ada jaminan jawaban doa apabila kita melakukan dua hal berikut ketika berdoa :

  1. Berdoa dan minta di dalam nama Yesus.

Ketika berdoa kita meminta di dalam nama Yesus karena Yesus adalah satu-satunya perantara antara kita dengan Bapa di Sorga. Yesus yang bangkit dari kematian bagi keselamatan kita merupakan anugerah besar karena ketika kita berdoa di dalam nama Yesus, kita bisa mendapatkan koneksi langsung kepada Bapa di Sorga.

Namun berdoa di dalam nama Yesus bukan sekedar diucapkan dari mulut saja, tetapi juga harus ditunjukkan melalui sikap hidup yang berserah kepada Tuhan. Karena apabila Kristus ada di dalam kita maka hidup kita selaras dengan kehendak Tuhan. Kristus yang menjadi pusat segalanya dalam hidup kita seperti pikiran, kehendak dan tindakan kita. Melalui doa kita membangun hubungan yang intim dengan Tuhan.

  1. Mintalah maka kamu akan menerima.

Sebelum ada jawaban doa, ada suatu proses yang Tuhan sedang ajarkan dalam kehidupan kita, dimana kita harus minta dengan tekun (Matius 7:7).  Dan semua jawaban doa (ya, tidak atau tunggu) adalah untuk kebaikan kita. Seperti kata “tunggu” dalam jawaban doa adalah sebuah proses dan di sini anugerah Tuhan cukup bagi kita karena Tuhan sudah menolong kita untuk mampu bertahan dalam situasi yang sedang kita hadapi, yang sedang kita doakan. Dalam hal ini kita diminta untuk sabar menunggu jawaban dari Tuhan supaya tidak kehilangan momen yang dari Tuhan. (Contoh: Saul tidak sabar menunggu Samuel sehingga Tuhan tidak berkenan atas persembahan Saul).

Kita harus berdoa dengan tidak jemu-jemu, tekun dan disiplin diri serta sepenuhnya berpengharapan kepada Tuhan. Semuanya ini akan menumbuhkan iman percaya kita.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Kita wajib mempercayai kenyataan bahwa Allah sangat mengasihi kita dengan menyerahkan Anak-Nya Yesus Kristus untuk menyelamatkan kita yang berdosa.

Ketika Anda berdoa meminta di dalam nama Yesus Kristus, apakah Anda percaya sungguh-sungguh bahwa Allah peduli dengan permintaan Anda? Sharingkan satu dengan yang lain mengenai pengalaman doa Anda !

                                                                                                                                    [HP]

You may also like...