Centered On The Cross (Terpusat Kepada Salib)

TEMA APRIL           : HIS SACRIFICE (PENGORBANAN-NYA)

JUDUL                       : CENTERED ON THE CROSS (TERPUSAT KEPADA SALIB)

AYAT                         : Roma 6:4,9

 

Kebangkitan Tuhan Yesus adalah kemenangan atas maut yang juga menjadi kemenangan bagi kita untuk memperoleh makna hidup kembali yang berorientasi pada Kristus. Karena satu-satunya jalan untuk meruntuhkan kuasa dosa yang mengendalikan hati dan pikiran kita adalah bahwa kita harus mati bersama Kristus dan bangkit juga dengan Kristus ke dalam hidup yang baru yaitu hidup yang terpusat kepada salib. Ini adalah dasar keselamatan dari suatu peristiwa rohani yang terjadi pada saat baptisan. (Roma 6:4,9).

 

Tiga makna kemenangan Salib Kristus bagi orang percaya adalah sebagai berikut:

  1. Hidup yang bebas dari maut.

Pada waktu kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta dimeteraikan dengan baptisan, maka kita menjadi ciptaan baru. Memiliki gaya hidup yang baru, hidup yang diubahkan yaitu hidup yang dikendalikan oleh kasih Kristus. Bukan dosa lagi yang mengendalikan hidup kita melainkan kasih Kristus. Itu sebabnya cara hidup kita diperbaharui dan itu bukan oleh kekuatan kita melainkan oleh kasih Kristus. Selanjutnya kita harus mengerjakan keselamatan itu dengan cara menjalani hidup dalam ketaatan pada firman-Nya karena melalui ketaatan ini kita akan memperoleh kemenangan dan masa depan yang telah disediakan oleh-Nya.

 

  1. Hidup dalam pimpinan Tuhan

Kita harus terbiasa hidup dengan terus menerus mencari pimpinan Tuhan dalam  setiap hal. Dalam pelayanan-Nya selama di dunia ini, Yesus juga selalu taat kepada Bapa di sorga; hal ini dapat dilihat pada peristiwa ketika Yesus melakukan mukjizat dengan mengubah air menjadi anggur di sebuah acara pesta perkawinan.

Hidup dalam pimpinan Tuhan dapat ditunjukkan melalui ketaatan kita untuk melakukan firman-Nya. Ketaatan ini yang akan membawa keberhasilan dalam hidup kita.

Contoh: ketaatan murid-murid Yesus ketika sedang menjala ikan, mereka melakukan sesuai arahan Yesus dan hal ini membawa keberhasilan. Lukas 5:4-7

 

  1. Hidup dalam penyertaan Tuhan

Tuhan tidak hanya memimpin hidup kita, tetapi Tuhan juga menyertai kita (Ibrani 13:5b). Penyertaan Tuhan membuat langkah hidup kita tetap ada dalam kendali Tuhan. Dia tidak ingin kita menderita karena dosa, sebaliknya penyertaan dan pimpinan-Nya membuat kita dapat menikmati hari-hari yang lebih baik.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Oleh kebangkitan Yesus, Dia berhak memberi hidup kekal kepada setiap orang.

Makna kebangkitan-Nya bagi kita adalah bahwa kita juga dibangkitkan untuk menuju hidup yang baru, dan menjadi ciptaan baru yang terus menerus diperbaharui. Dan dalam keseharian, kita harus belajar untuk selalu membentuk “pikiran Kristus” serta mengekspresikannya dalam hidup kita yang sudah diperbaharui.

Sharingkan pengalaman Anda masing-masing!

                                                                                                                                                [HP]

You may also like...