Worshipping Gives Victory (Penyembahan Memberi Kemenangan)

TEMA MARET : TRULY WORSHIPPER
JUDUL : WORSHIPPING GIVES VICTORY
(PENYEMBAHAN MEMBERI KEMENANGAN)
AYAT : 2 Tawarikh 20:1-30

Penyembahan yang sesunggungnya adalah kesadaran akan keberadaan dan kehadiran Tuhan dalam kehidupan kita, pada saat kita menyadari karya penebusan Yesus. Kesadaran akan arti penyembahan ini akan membuat hidup kita selalu dipenuhi dengan ucapan syukur kepada Allah yang hidup.
Tuhan selalu mendengar seruan umat-Nya yang minta pertolongan, seperti yang dilakukan oleh Raja Yosafat dan Bangsa Yehuda ketika mereka ketakutan menghadapi musuh-musuh. Dan pada akhirnya Tuhan menolong serta memberi kemenangan bagi Raja Yosafat dan Bangsa Yehuda.
Ada tiga hal yang perlu kita belajar dari pengalama Raja Yosafat dan Bangsa Yehuda agar penyembahan kepada Tuhan memberi kemenangan bagi kita yaitu:

Mencari Tuhan dalam setiap masalah dan ketakutan.
Raja Yosafat mengalami ketakutan menghadapi musuh-musuhnya namun ia menyadari bahwa musuh yang akan menyerang dia dan Bangsa Yehuda sama saja dengan menyerang Tuhan mereka, sehingga Raja Yosafat mengambil keputusan untuk mencari Tuhan. Raja Yosafat mengambil keputusan mencari Tuhan ketika menghadapi perang melawan Bani Moab dan Bani Amon (2 Tawarikh 20:3).

Miliki pengenalan yang mendalam kepada Tuhan, sehingga kita akan selalu bersikap untuk mengambil keputusan mencari Tuhan pada setiap masalah dan ketakutan yang kita hadapi di dalam kehidupan setiap hari karena Tuhan ada di pihak kita. (El-Shaddai, Allah mahakuasa, Dia Allah yang besar yang menguasai kehidupan kita).

Memiliki kesepakatan dan kesehatian.
Bertindak seperti yang dilakukan Raja Yosafat dan Bangsa Yehuda ketika ada dalam rasa takut menghadapi sesuatu, yaitu memiliki kesepakatan dan kesehatian dari seluruh bangsa untuk datang mencari pertolongan Tuhan. (2 Tawarikh 20:13, Sementara itu seluruh Yehuda berdiri di hadapan TUHAN, juga segenap keluarga mereka dengan isteri dan anak-anak mereka).

Miliki kesepakatan dan kesehatian di dalam seluruh keluarga, jemaat untuk mencari Tuhan bersama-sama dalam menghadapi setiap masalah dan ketakutan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. (Sungguh alangkah baiknya dan indahnya bila saudara semua hidup rukun bersama. Tuhan akan mencurahkan berkat-Nya) Matius 18:19-20

Tetap melakukan apa yang menjadi bagian kita
Apapun masalah kesulitan yang kita hadapi, Tuhan mengerti dan sangat paham segala permasalahan itu. Bagian yang harus kita lakukan adalah:
Tetap memegang janji Tuhan untuk setiap masalah dalam kehidupan kita (2 Tawarikh 20:15).
Tetap percaya sekalipun masalah tetap ada, dan siap untuk bertindak melakukan apapun yang Tuhan minta untuk kita lakukan (2 Tawarikh 20:20-21).

Pertanyaan dan Aplikasi:
Ketakutan dalam menghadapi masalah yang belum ada solusinya adalah hal yang wajar. Namun kita juga harus mengingat bahwa kasih setia Tuhan tetap untuk selama-lamanya. Miliki sikap untuk selalu menaikkan ucapan syukur kepada Tuhan sebagai penyembahan yang akan memberi kemenangan bagi setiap masalah.
Sharingkan pengalaman Anda dalam menghadapi masalah dan ketakutan?

[HP]

You may also like...