Victory Of The Cross – Kemenangan Dari Salib

TEMA MARET        : HIS SACRIFICE (PENGORBANAN-NYA)

JUDUL                    : VICTORY OF THE CROSS (KEMENANGAN DARI SALIB)

AYAT                      : Lukas 5:1-11

 

Salib Kristus adalah sebuah tanda bahwa Tuhan kita telah menang untuk menyelamatkan umat manusia dari kebinasaan. Kemenangan dari salib memberi kepastian dan pengharapan masa depan yang tak terkalahkan bersama dengan Dia. Dalam situasi dan kondisi apapun apabila kita hidup berpengharapan kepada Tuhan maka hidup kita tidak ditentukan oleh keadaan, melainkan oleh anugerah dan kemurahan Tuhan. Oleh karena itu dalam situasi apapun kita harus memiliki sikap hati yang percaya kepada Allah sepenuhnya.

Dalam Lukas 5:1-11, kita dapat belajar bagaimana Petrus memiliki sikap hati yang benar sehingga ia mengalami perubahan dan berhasil keluar dari kegagalannya menjala ikan. Bahkan lebih dari itu, pada saat itu Petrus menjadi berkat bagi sesamanya teman-teman nelayan.

 

  1. Prioritas Petrus adalah Tuhan Yesus dan sesama manusia.

Di tengah kegagalannya mencari ikan, Petrus tahu prioritas hidupnya adalah Tuhan karena Tuhan yang menentukan arah hidupnya, sehingga apapun yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, ia melakukannya. Lebih dari itu, Petrus memiliki sikap hati yang rela untuk berkorban bagi Tuhan dan sesama. Kristus telah berkorban untuk kita, maka kita juga harus siap berkorban untuk sesama kita. (1 Yohanes 3:16)

 

  1. Ketaatan Petrus kepada Tuhan Yesus membawa perubahan yang besar.

Hidup Petrus berubah karena taat melakukan perintah-perintah-Nya. Ketaatan berhubungan dengan kualitas hubungan kita dengan Tuhan. Kasih kita kepada Tuhan mencerminkan kepercayaan kita kepada-Nya. Semakin kita mengasihi Tuhan, semakin kita mentaati perintah-perintah-Nya.

 

  1. Hati dan pikiran Petrus tidak melekat pada harta dan kesuksesan.

Hati dan pikiran Petrus melekat pada Yesus, sehingga peristiwa itu membuatnya mengenal Tuhan lebih dalam lagi. Petrus melayani mengambil bagian terlibat dalam pekerjaan Tuhan. Berkatnya juga menjadi berkat bagi sesamanya.  Apabila hati dan pikiran kita melekat pada salib Kristus, kita bukan saja menjadi orang yang taat dan semata-mata hanya tertarik pada kesuksesan, tetapi sepenuhnya kita menjadi sangat fokus pada apa yang diinginkan oleh Tuhan Yesus.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Apabila kita memiliki hubungan yang baik dengan Allah maka hidup kita dipenuhi dengan pengharapan dan sukacita.

Agar kehidupan kita terus dipenuhi dengan pengharapan kepada Allah dan sukacita senantiasa, bagaimana Anda memelihara dengan baik hubungan Anda dengan Allah? Sharingkan!

 

[HP]

You may also like...