God Cares About The Suffering Of His People (Allah Peduli Akan Penderitaan Umat-Nya)

Tema Oktober         : BELIEVE IN HIM

Judul                         : God cares about the suffering of His people

  (Allah peduli akan penderitaan umat-Nya)

Ayat                           : Matius 11:2-6

 

Yohanes Pembaptis adalah salah satu tokoh Alkitab yang diperlakukan tidak adil, ia dipenjara dan kemudian dibunuh hanya karena menegor tingkah laku Raja Herodes yaitu mengambil istri saudaranya. Tetapi sekalipun diperlakukan demikian, Yohanes Pembaptis tidak bertanya tentang keadilan Allah, karena Yohanes Pembaptis menyadari bagaimana ia berada di dunia untuk menjadi perpanjangan tangan Allah. 

 

Perlakuan yang tidak adil dan penderitaan yang dialami orang percaya pada masa kini juga bukan berarti Allah tidak peduli pada umat-Nya. Rasul Paulus selalu mengingatkan dan tentunya hal ini akan memberi pengharapan bagi orang percaya yang menderita bahwa Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihi Dia. Karena Allah peduli akan penderitaan umat-Nya. 

 

Rasul Paulus memberi nasehat sebagai berikut:

“Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23).

 

Rasul Petrus juga memberi nasehat sebagai berikut: 

“Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.”(1 Petrus 4:19)

 

Penderitaan seringkali membuat orang percaya bertanya tentang keadilan dan kepedulian Allah akan umat-Nya. Tidak jarang penderitaan juga bisa melunturkan iman orang percaya. Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan:

  • Keadaan yang sukar. 
  • Pemahaman yang terbatas tentang kehidupan pribadinya dan Tuhan. 
  • Harapan yang tidak terkabulkan. 

 

Oleh karenanya saangat penting  mengenal karakter Allah yang peduli dan kasih kepada manusia, maka bila terjadi penderitaan akan membuat kita sadar mencari kehendak Allah yang terbaik bagi umat-Nya. Kalau Tuhan seakan akan tidak melakukan apa-apa dalam hidup kita, maka ingatlah hal-hal sebagai berikut:

  1. Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. (Ibrani 13:5b)
  2. Tuhan tidak pernah berhenti bekerja untuk kebaikan umat-Nya.
  3. Tuhan tidak pernah berhenti mengasihi kita, karena hakekat Tuhan itu baik. (Bukan karena kita baik atau bukan karena kita sempurna). Kasih Tuhan itu kekal dan tanpa syarat. 

 

Pertanyaan dan Aplikasi: 

Keinginan kita pada umumnya adalah dijauhkan dari penderitaan. Namun bila itu terjadi, bukan berarti Allah tidak peduli pada umat-Nya. Allah peduli akan penderitaan umat-Nya! Allah pasti akan campur tangan, apakah Dia memberi kelepasan atau tidak tentu semuanya itu sesuai dengan penggenapan rencana-Nya. 

Hanya melalui perjumpaan pribadi dengan Allah didalam doa kita akan tahu mana yang lebih memuliakan Tuhan, sehingga kita tidak lagi bertanya tentang keadilan Tuhan dan kepedulian Tuhan akan umat-Nya. 

 

Ketika muncul kecemasan dan ketakutan akibat Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, apakah Anda percaya bahwa Allah peduli akan penderitaan umat-Nya? Sharingkan!

[HP]

You may also like...