Fight with Sacrifice (Berjuanglah dengan Pengorbanan

Tema September   : FIGHT TO THE END (BERJUANG SAMPAI AKHIR)

Judul                      : Fight With Sacrifice (Berjuang Dengan Penuh Pengorbanan)

Ayat                       : 2 Samuel 23:8-13

 

Memiliki sikap hati yang berjuang dengan penuh pengorbanan merupakan faktor utama kehidupan dalam pertandingan iman untuk mencapai garis akhir dengan berkemenangan. Gereja dapat dipakai sebagai sarana tempat pelatihan bagi jemaat agar bertumbuh menjadi dewasa rohani sehingga diharapkan selalu menang dalam setiap pertandingan iman.

 

Kedewasaan rohani sebagai target kita hanya dapat dicapai melalui kerelaan untuk berkorban seperti yang dicontohkan oleh tokoh-tokoh dalam Alkitab, dan diantaranya yang terbesar adalah: Yesus Kristus sendiri yang rela berkorban demi keselamatan umat manusia. Pada gereja mula-mula, saat itu dua belas murid Yesus semuanya juga rela berkorban demi pemberitaan Injil Kristus. Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lainnya di dalam Alkitab yang hidup dengan prinsip pengorbanan.

 

Hidup yang maksimal diperoleh dengan sikap hati yang rela berkorban. Raja Daud juga memiliki sikap hati yang rela berkorban untuk menyenangkan hati Tuhan.

Dalam bacaan di atas (2 Samuel 23:8-13) ada tiga orang pahlawannya Daud yang rela berkorban menerobos perkemahan orang Filistin, demi menimba air dari Perigi Betlehem, dan dengan sukacita diberikan untuk menyenangkan Daud. Tetapi Daud tidak meminumnya melainkan mempersembahkan air perigi tersebut sebagai korban curahan kepada Tuhan.

 

Pengorbanan dapat dilakukan dengan sukacita apabila kita memiliki tiga hal sebagai berikut:

  1. CLOSE / DEKAT

Apabila kita memiliki relasi yang dekat/akrab secara pribadi dengan Tuhan, maka kita akan peka dengan kehendak-Nya sehingga kita selalu memiliki kerelaan dan berkeinginan untuk menyenangkan-Nya. Seperti yang dilakukan oleh tiga orang pahlawan Daud, karena mereka selalu dekat dengan Daud dan selalu segera mengetahui kehendak atau keinginan Daud. Semakin dekat dengan Tuhan, kita semakin merasa akan cinta kasih Tuhan kepada kita.

 

  1. COMMITTED / BERKOMITMEN

Kita harus memiliki sebuah ikat janji dalam kehidupan iman kita kepada Tuhan. Memiliki komitmen untuk rela berkorban demi untuk Tuhan, seperti yang dilakukan oleh Daud.

 

  1. COURAGEOUS / BERANI

Keberanian kerelaan untuk berkorban yang kita miliki dikarenakan adanya kesadaran bahwa Tuhan selalu ada bersama kita.

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

 

Berjuanglah dengan penuh komitmen menuju kedewasaan rohani Anda.

Secara rutin dan disiplin melakukan Saat teduh dan Ibadah Harian adalah bukti yang paling sederhana bahwa kita punya komitmen atau ikat janji dengan Allah secara pribadi.

Seberapa penting Saat Teduh dan Ibadah Harian dilakukan secara rutin dan disiplin setiap hari bagi Anda? Sharingkan !

 

[HP]

You may also like...