Update – Pembaharuan Tujuan Hidup

Judul           : UPDATE – PEMBAHARU TUJUAN HIDUP.

Topik           : Kasih Kristus yang memberikan tujuan hidup yang baru bagi orang yang kecewa.

Ayat-ayat     : Roma 8:17 ; Filipi 1:29

Pengorbanan dan penderitaan yang dialami Yesus di kayu salib telah menjadikan kita sebagai ciptaan baru. Yaitu membawa perubahan dari status kita sebagai seorang hamba menjadi status sebagai seorang anak. Dari seorang hukuman menjadi seorang merdeka yang dibebaskan dari hukuman dosa. Ini adalah anugerah besar yang diberikan Tuhan kepada kita. Selanjutnya, untuk menjalani kehidupan sebagai seorang anak yang memiliki hak menerima janji-janji Allah, kita harus terus menerus update kehidupan kita dengan mentaati kebenaran Firman Tuhan yang akan membawa kita kepada tujuan yang sudah ditetapkan Allah.

Roma 8:17  Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.

Update berarti memperbaharui kehidupan secara menerus supaya tetap selaras dengan Firman Tuhan sehingga hidup kita menjadi efektif dan maksimal seperti yang dikehendaki Tuhan. Dan adakalanya di dalam proses update ini kita harus mengorbankan kepentingan pribadi, menyangkal diri demi terwujudnya kehendak Tuhan melalui kehidupan kita. Tentu saja semua ini akan membawa dampak kualitas kehidupan rohani kita akan semakin meningkat.

Oleh karena itu kita tidak perlu merasa kecewa apabila harus mengalami keadaan yang sulit, sebaliknya miliki hati untuk siap menerima segala perubahan yang terjadi. Belajar percaya bahwa perubahan yang terjadi akan membawa kita mencapai tujuan yang dikehendaki Tuhan.

Ayub dan Yusuf adalah tokoh di dalam Alkitab yang melewati banyak kesulitan hidup sebelum mereka merasakan terwujudnya janji Tuhan dalam hidup mereka.

Ada dua hal yang harus selalu kita pegang agar kita tetap update dan relevan dengan kehendak Tuhan yaitu:

  1. Tuhan berkuasa dan berdaulat atas hidup kita.

Meskipun seringkali antara janji Tuhan dengan realita di lapangan tampak berbeda, namun ingat bahwa Tuhan berdaulat dan berkuasa atas hidup kita.

  1. Diperlukan kerendahan hati dan rela dipimpin oleh Roh Kudus.

Karenanya perlu untuk selalu mengikuti arahan untuk setiap perubahan yang terjadi.

 

Tuhan sanggup memulihkan, menolong dan menopang kehidupan kita, sebab Dia hidup!

 

Pertanyaan dan Aplikasi:

Seperti ketika seseorang yang selalu update peta jalan / google maps dalam suatu perjalanan agar yang bersangkutan tetap berada pada posisi dan arah yang benar, demikian juga yang telah dilakukan oleh Musa di Padang Gurun ketika memimpin Bangsa Israel. Dari waktu ke waktu, Musa juga selalu update untuk meminta petunjuk dari Allah dalam perjalanannya menuju ke Tanah Perjanjian, sehingga perjalanannya tetap menuju kepada arah yang benar. 

Bagaimana dengan “perjalanan rohani” yang sedang kita jalani sekarang, apakah kita juga selalu meng update sesuai kebenaran Firman Tuhan, sehingga kita tetap berada dalam pimpinan Roh Kudus? Sharingkan!

 

 

[HP]

You may also like...