Selalu Bugar Setiap Hari

Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.  Amsal 3:7-8.

Tiap kali kita mendengar kata fitness (kebugaran) maka pikiran kita langsung tertuju kepada pusat kebugaran dimana ada berbagai peralatan kebugaran untuk dipergunakan membentuk tubuh yang indah dan sehat. Terdapat instruktur, yang akan mengarahkan peserta sehingga mendapatkan tujuan yang diinginkan. Namun, walau telah tersedia peralatan yang sangat baik dan instruktur yang hebat, tidak akan pernah terbentuk otot yang baik bila peserta tidak menggunakan peralatan yang ada dan mengikuti arahan instruktur serta kurangnya disiplin diri.

Kebugaran hidup merupakan impian kita semua. Pusat kebugaran kita hanya di dalam TUHAN. Semuanya Tuhan telah sediakan, peralatan dan Instruktur kebugaran yang terbaik. Dari-Nya kebugaran roh, jiwa dan tubuh kita. Dia menyediakan buku manual sebagai panduan, yaitu Alkitab. Di dalam-Nya tersedia menu yang membuat kita hidup lebih baik.

Kebugaran hidup ditentukan oleh hubungan kita dengan TUHAN. Menurut Amsal 3:7-8 ada tiga hal yang membuat kita mengalami kesegaran hidup setiap hari. Pertama: jangan menganggap dirimu bijak. Kita butuh nasihat dari Penasihat ajaib, yaitu TUHAN. Berdoalah setiap hari kepada Tuhan. Kedua: takut akan TUHAN. Hidup menurut arahan-Nya; memperkatakan, merenungkan,  dan melakukan firman TUHAN. Ketiga: Jauhilah kejahatan. Hidup benar: tidak ugal-ugalan, tidak menyimpang ke kiri dan ke kanan, pikul salib, mengenakan kuk dari Yesus Kristus dan ikut Yesus setiap hari.

Tiga hal di atas adalah syarat utama untuk kita hidup selalu bugar. Kebugaran hidup setiap hari dapat kita alami bila dengan disiplin dan terus-menerus secara konsiten melakukannya. (SAZ)

 

You may also like...