Proses

Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.  Yakobus 1 : 12.

Hari-hari ini kita hidup dalam jaman instan.  Mie instan, nasi instan, segala sesuatu ingin instan.  Tak terkadang, orang yang ingin sukses dalam  karir atau bisnis juga berharap instan.  Kalau kita bisa tidak melewati kesulitan, sebisa mungkin kita tidak mau melewatinya.

Proses merupakan hal yang penting.  Perhiasan yang indah sekalipun memerlukan proses.  Kita tidak hidup di jaman dongeng, dimana ada peri yang baik hati dan kemudian mengabulkan permintaan kita.  Adanya proses akan membawa kita kepada kedewasaan.  Kita akan belajar bagaimana kita harus berjuang dan tangguh dalam menghadapi tantangan, tidak mudah untuk menyerah ketika gagal dan tidak menjadi sombong ketika berhasil.

Proses juga akan membantu kita untuk mengerti setiap hal yang telah kita lewati dan menghargai apa yang telah kita raih.  Orang yang tidak ingin melewati proses akan menjadi lemah, dan tidak pernah menghargai apa yang telah diperolehnya.  Seperti mie instan tadi, mie instan bukanlah makanan yang sehat, dan kalau kita memakannya terlalu banyak maka tubuh kita akan sakit.

Keberhasilan yang diraih melalui proses yang penuh tantangan dan perjuangan nyata akan memberi sensasi kemenangan yang luar biasa.  (LL)

 

You may also like...