Niat Jahat Menghalangi Doa

Seandainya  ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar.  Mazmur 66: 18.

Salah satu alasan mengapa doa-doa kita tidak di dengar oleh Tuhan adalah disebabkan adanya niat jahat di dalam hati kita, kita masih menyembunyikan dosa dalam hati kita. Kita tidak mau mengakui bahwa kesalahan yang kita telah perbuat adalah sebagai sebuah dosa, kita menganggap hal yang wajar karena banyak orang juga melakukannya. Kadang kala kita juga hanya mengakui sebagai kelemahan, atau kesalahan  yang tidak disengaja, atau kekurangan yang Tuhan harus memakluminya.

Kenapa kita tidak menyebutnya sebagai dosa seperti apa adanya yang kita tahu telah melanggar firman-Nya? Dan kita mengakuinya sebagai dosa yang kita sesali dan kita meminta Tuhan mengampuni kita dari dosa. Sebab jika kita tidak mau menyelesaikannya dosa-dosa kita, Tuhan menilai sebagai sebuah niat jahat dan Tuhan tidak mau mendengar doa-doa kita.

Atau barangkali ada seseorang atau sesuatu dalam hidup kita  yang lebih penting dari Tuhan, seperti benda-benda, hobby, kebiasaan, pekerjaan, atau olahraga yang menjadi perhatian utama kita. Semua itu juga menjadi niat jahat dalam hati kita sebab semuanya itu telah menurunkan nilai kepercayaan dan kesetiaan kita kepada Tuhan sebagai yang utama. Dan semuanya itu juga menjadi penghalang Tuhan untuk mendengar doa-doa kita sehingga doa-doa kita tidak terjawab.

Tempatkan Dia menjadi yang utama, maka Dia akan menjawab doa-doa kita tepat pada waktunya.  (TER)

 

You may also like...