Tuhan Gembala yang Baik

Maz 23

Dalam hal menggembalakan domba, Alkitab dipenuhi cerita mengenai orang-orang yang menggembalakan domba.  Diantaranya kita mengenal nama Abraham, Musa, Daud dan masih banyak lagi. Namun diantara nama-nama itu beberapa diantaranya ada yang langsung terjun menangani domba-domba ada pula yang memperkerjakan budaknya untuk menjaga kawanan domba tersebut.

Namun sedikit berbeda dengan Daud. Alkitab mencatat Daud adalah pribadi yang sangat bertanggung jawab untuk tugas yang tidak mudah sekaligus membosankan ini. Dia turun langsung untuk menggembalakan domba-domba ayahnya. Masih ingat sewaktu Daud diurapi menjadi raja oleh Samuel, dia tidak menjadi takabur tapi dia kembali kepada kambing domba yang sudah menjadi tanggung jawabnya (1Sam 16:1 dan 19). Masih ingat juga waktu Daud keluar-masuk istana untuk melayani raja yang pesakitan. Kemana dia sepulang bertemu raja? Kembali kepada kambing domba yang hanya beberapa ekor (1 sam 17:15).

Lalu ketika ayahnya Isai menyuruh Daud untuk melihat keadaan abangnya di medan pertempuran apa yang Daud lakukan? Mari baca 1 Sam 17:17-20 – mendelegasikan tugas. Hal lainnya lagi sewaktu domba-domba ini menghadapi bahaya Daudlah yang melepaskan dan memerdekakan domba-domba yang dipercayakan padanya oleh ayahnya.  (1Sam 17:33-36)

Daud adalah hasil dari ciptaan. Mudahnya, Sang Pencipta pasti lebih hebat dan mulia ketimbang ciptaanNya. Kalo saja ciptaanNya bisa bertanggung jawab sedemikian rupa apalagi Sang Pencipta. Dia jauh lebih bertanggung jawab atas setiap kita.

Bersyukur kepada Tuhan kita Yesus yang adalah gembala yang baik karena kita adalah domba-dombaNya. (IB)

 

 

You may also like...