Roh Allah

Roh yang ada pada manusia adalah nafas yang dihembuskan Allah ke dalam manusia (Kej 2:7), Roh inilah yang ada dalam diri kita yaitu Roh Allah, Roh yang memberikan kita hidup terhadap tubuh kita yang fana. Nafas Allah sudah ada di dalam diri kita.

Roh Allah di dalam diri kita merupakan perjanjian Allah dengan manusia (Yesaya 59:21) dan Roh Allah adalah penolong kita, inilah bentuk penyertaan Yesus kepada manusia (Yohanes 14:16).  Roh Allah yang ada di dalam diri kita berfungsi untuk memberi hikmat, pengertian, nasihat dan keperkasaan, kita juga dapat mengenal dan takut akan Tuhan. Roh Allah yang akan menyelidiki seluruh isi hati kita. Mengajarkan apa yang harus kita katakan. Roh Allah juga sebagai penghibur dan memimpin kita pada kebenaran, karena itu Roh Allah disebut sebagai Roh Kebenaran.

Sifat roh adalah penurut (Matius 26: 41) oleh karena itu harus berdoa dan berjaga-jaga dengan membaca Firman Allah. Saat kita menghadapi kenyataan hidup dengan berbagai masalah biarlah kita tetap membaca, merenungkan dan melakukan Firman Allah dengan demikian Roh Allah yang ada pada kita akan tetap terarah pada Allah dan menjadi kuat.

Roh Allah yang ada di dalam kita dapat dicerminkan dari kehidupan kita sebagai orang Kristen yang juga mencerminkan kehidupan Kristus. Biarlah kita hidup menurut Roh Allah supaya kita hidup dan damai sejahtera. (AG)

 

You may also like...