Self Love

Tema Februari : Love God, Love Yourself, Love Others

Judul                           : Self Love (Mengasihi Diri Sendiri)

Pembicara                   : Pdt. Jeffrey Kurniawan

Faktor paling utama untuk mengatasi rendah diri atau minder adalah belajar mengasihi dan menerima diri kita apa adanya. 

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:10)

Efesus 2:10 (NLT): For we are God’s masterpiece. He has created us anew in Christ Jesus, so that we can do the good things he planned for us long ago. (Karena kita ini maha karya atau karya agung – masterpiece. Dia menciptakan kita menjadi ciptaan baru dalam Kristus Yesus agar kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, yang telah Ia rencanakan sebelumnya bagi kita jauh sebelumnya). 

Prinsip-prinsip agar kita bisa mengasihi diri sendiri:

  1. Kita harus menyadari bahwa setiap kita sangat berharga di mata-Nya. 

Kita ini God’s masterpiece atau maha karya (Yunani: poeima = karya yang luar biasa dari seorang seniman). Janganlah kita mengijinkan harga atau nilai diri kita berdasarkan nilai atau harga yang diberikan orang lain kepada kita. Tuhan sendiri yang menciptakan kita dan yang tahu berapa nilai diri kita yang sesungguhnya. Jika setiap kita menyadari betapa berharganya diri kita maka kita dapat mengasihi dan menerima diri kita sebagaimana Allah mengasihi dan menerima diri kita. Seperti kata Pemazmur:

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya (Mazmur 139:13-14).

  • Kita harus mengalami pemulihan di dalam Kristus Yesus. 

Tuhan di dalam anugerah-Nya melalui pengorbanan Kristus memulihkan manusia. Kita menjadi ciptaan baru dalam Kristus Yesus.

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. (Efesus 2:8-9). 

Kita dapat mengasihi diri sendiri berdasarkan karya Allah bagi hidup kita yaitu yang oleh anugerah-Nya kita diciptakan kembali menjadi ciptaan yang baru di dalam Yesus Kristus. 

  • Kita harus memahami bahwa Tuhan punya rencana yang mulia bagi setiap kita. 

Kita mengasihi diri sendiri karena Kristus mengasihi kita apa adanya dan memanggil kita untuk masuk ke dalam rencana-Nya yang mulia. Agar kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, yang telah Ia rencanakan sebelumnya bagi kita jauh sebelumnya.

Aplikasi:

Bagaimana selama ini kita menjaga agar bisa selalu menghargai/mengasihi diri sendiri dalam segala aspek kehidupan? Sharingkan![HP]

You may also like...