Born in God’s Love

Tema Desember           : THE POWER OF LOVE (Kekuatan Kasih)

Judul                                 : BORN IN GOD’S LOVE (Lahir dalam Kasih Allah)

Ayat                                   :  1 Yohanes 4:7-9

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dalam dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. (1 Yohanes 4:7-9)

Sebagai seorang Kristen kita adalah orang yang sudah dilahirkan kembali dalam kasih Allah (Born in God’s love) sehingga kita memiliki hidup baru di dalam Kristus dan menjadi manusia baru di dalam Kristus.

Kita adalah anak-anak Allah yang hidup dalam hukum kasih yang harus mampu mencerminkan hidup dalam kasih. Agar hidup kita dapat mencerminkan hidup dalam kasih, caranya antara lain sebagai berikut:

  1. Dengan kerendahan hati bersukacita untuk kebaikan orang lain.

Belajar merendahkan hati untuk kebaikan orang lain. Kita harus saling mengasihi dan belajar merendahkan hati kita untuk kebaikan orang lain seperti Yesus telah melakukannya untuk kebaikan orang lain karena ada kasih yang menjadi suatu bagian kehidupan (1 Yohanes 3:11-14). Kasih itu tidak mencari kesalahan orang.

  • Kita harus memenuhi kebutuhan orang lain.

Hidup untuk menjadi berkat. Kasih yang ada pada diri kita adalah untuk orang lain meskipun terkadang membutuhkan pengorbanan yang besar (1 Yohanes 3:16-18).

Ada tiga hal tentang kasih yang begitu spesifik:

  • Kasih melakukan hal-hal praktis kepada sesama manusia, yaitu mengasihi dengan perbuatan.
  • Kristus telah mengorbankan nyawa-Nya untuk mengasihi kita. Ada spirit pengorbanan dalam kasih.
  • Pengorbanan yang sangat praktis untuk hal-hal yang dibutuhkan orang.

Segala sesuatu yang kita miliki adalah milik Tuhan sedangkan kita hanya pengelola saja. Menjadi orang yang sangat praktis yang mencintai perbuatan bukan hanya dengan berkata-kata tetapi menjadi orang yang murah hati.

Aplikasi:

Kita adalah orang yang sudah dilahirkan kembali dalam kasih Allah (Born in God’s love) sehingga kita memiliki hidup baru di dalam Kristus dan menjadi manusia baru di dalam Kristus. Kita harus belajar mengekspresikan hidup baru ini dalam diri kita, dengan membentuk pikiran Kristus sehingga perbuatan kasih itu menjadi bagian yang nyata dari kehidupan kita.

Bagaimana Anda mengatasi kesulitan ketika Anda mau belajar merendahkan hati untuk kebaikan orang lain?

You may also like...