Revenge: When The Heart Cannot Forgive

Tema ​            : RENEW MY EMOTION

Sub Tema     : JANGANLAH MENUNTUT BALAS (NEVER TAKE REVENGE)

Ayat               ​​: MAZMUR 94:1-7

Meski pada umumnya sulit untuk memaafkan orang yang telah menyakiti kita, namun sangat penting untuk mengampuni orang yang telah melukai kita. Dan hidup kita sekarang ini hendaklah jangan sampai diperbudak oleh emosi buruk yaitu kemarahan dan bahkan menyimpan luka-luka lama / kepahitan. Oleh karena itu kita harus belajar melepaskan hak untuk menuntut balas karena pembalasan adalah hak Tuhan.  Alkitab berkata bahwa Tuhan itu adil, suatu hari nanti Dia akan menuntaskan segala persoalan yang terjadi. Dia akan mengadili orang yang jahat dan yang baik. Saat ini ijinkan Dia untuk memperbaharui  emosi kita (renew my emotion) dan ijinkan Dia untuk memenuhi hati kita dengan sukacita dan damai sejahtera. Karena Tuhan ingin kita hidup dalam persekutuan yang indah dan hidup dalam kasih. Tuhan ingin kita tidak membalas dendam, tetapi justru bertindak mengampuni dan mengasihi.

Beberapa cara untuk bisa memaafkan orang yang melukai kita yaitu:

  • Berdoa kepada Tuhan, seperti yang telah dilakukan oleh Hana, meluapkan kejengkelannya kepada Tuhan. (1Samuel 1:7,10).
  • Menolak semua kejengkelan dan emosi jahat dengan taat dan ingat kepada firman Tuhan. Karena pada saat kita taat kepada firman Tuhan, maka mujizat pasti terjadi. Ijinkan Tuhan memperbaharui emosi kita.

Pertanyaan dan Aplikasi:

Saat Yesus ditanya berapa kali kita harus mengampuni orang yang bersalah kepada kita, Dia menjawab 70 kali 7. Dengan kata lain, pengampunan itu harus terus menerus diberikan.  

Dalam kehidupan Anda, bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda telah benar-benar memberikan pengampunan kepada orang yang telah melukai Anda dan bagaimana Anda melepaskan luka itu? Sharingkan!

HP

You may also like...