Disappointment: When Your Dream Die (Kecewa: Ketika Impian Anda Padam)

Tema ​           : RENEW MY EMOTION

Subtema : Dissappointment : When your dream die (Kecewa: Ketika Impian Anda Padam)

Ayat             ​​: Mazmur 107:1–43

Perasaan kecewa bisa muncul ketika sesuatu hal terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Apabila rasa kecewa ini dibiarkan terus menerus tinggal di dalam diri seseorang, hidupnya tidak bisa maksimal. Dampak negatif lainnya dari kekecewaan yaitu:  kehilangan keceriaan hidup, murung, menurunnya antusias dalam menghadapi pekerjaan, menjadi pemurung, emosional, hilangnya rasa percaya kepada sesama, sakit kepala, susah tidur, tensi tidak stabil, gangguan pernafasan, maag kambuh, gangguan pada ritme jantung.

Penyebab rasa kecewa / kekecewaan berasal dari dalam diri sendiri / faktor internal, dan bukan dari luar / faktor external. Ketika sesuatu kenyataan yang terjadi  tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan, maka hal tersebut dapat menjadi pemicu timbulnya rasa kecewa. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, maka kita harus belajar untuk mendasarkan sesuatu dengan melihat kenyataan dan bukan mendasarkan sesuatu kepada apa yang kita pikirkan. Melihat dengan mata, bukan dengan pikiran.

Ada tigal hal yang dapat kita lakukan untuk belajar hidup menghindari rasa kecewa:

  1. Belajar untuk hidup bersyukur dalam segala hal.

Merendahkan diri dan bersyukur dalam segala hal kepada Tuhan yang adalah alfa dan omega, yang awal dan yang akhir. Bersyukur untuk segala sesuatu yang kita miliki.

  • Berseru kepada Tuhan (cry out).

Ketika menghadapi kesulitan selalu berdoa, berseru-seru kepada Tuhan karena hanya pertolongan dari-Nya saja yang dapat kita harapkan.

  • Tinggal dalam hikmat.

Senantiasa berjalan di dalam hikmat Tuhan, supaya apa yang kita lakukan adalah sesuai dengan kehendak-Nya.

Pertanyaan dan Aplikasi:

Adalah penting untuk senantiasa berjalan di dalam hikmat Tuhan, sehingga kita bisa mempedulikan apa yang menjadi kepedulian-Nya, dan menjauhi apa yang dibenci oleh-Nya.

Bagaimana usaha Anda untuk bertumbuh di dalam kasih karunia dan pengenalan akan Tuhan sehingga hidup Anda senantiasa berjalan dalam hikmat-Nya. Sharingkan!

HP

You may also like...