Pecundang Jadi Pahlawan

Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka.  Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang. 1 Samuel 22:2.

Daud menyembunyikan dirinya dari kejaran raja Saul di dalam goa Adulam.  Datang dan bergabunglah kepadanya orang-orang yang berada di dalam kesukaran dan dikejar-kejar utang.  Mereka ini adalah para pecundang, orang-orang yang di mata masyarakat dipandang sebagai manusia yang gagal.

Luar biasa, para pecundang ini akhirnya berubah menjadi para pahlawan yang menghasilkan kemenangan-kemenangan bagi Daud di dalam peperangan.  Daud sebagai seorang pemimpin telah berhasil mengubah para pecundang menjadi pahlawan.

Itulah ciri kepemimpinan yang berhasil.  Seorang pemimpin yang baik akan mempu mengubah para pengikutnya menjadi para pemenang.  Kepemimpinan adalah pengaruh.  Dalam hal ini adalah pengaruh yang positif, yang memampukan para pengikutnya mengembangkan setiap potensi yang ada di dalam diri mereka secara maksimal.  (BHW)

You may also like...